Strategi Media Cetak Radar Banten dalam Mempertahankan Minat Pembaca

Muthmainah, Uul Qolbiyatul (2024) Strategi Media Cetak Radar Banten dalam Mempertahankan Minat Pembaca. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330065_Cover.pdf

Download (360kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330065_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330065_BAB I.pdf

Download (489kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_171330065_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (491kB)
[img] Teks
S_KPI_171330065_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (298kB)
[img] Teks
S_KPI_171330065_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (648kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330065_BAB V.pdf

Download (114kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330065_Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Komunikasi memiliki beberapa manfaat diantaranya memberikan informasi terkait dengan berbagai hal contoh salah satunya yaitu media cetak. Kehadiran media online di era globalisasi ini juga telah menambah perbendaharaan media baru. Media online merupakan salah satu produk teknologi informasi yang telah behasil menambah dunia baru melalui jaringan internet. Pesatnya pada perkembangan zaman sekarang ini rupanya memberikan dampak perubahan besar terhadap industri media khususnya media cetak seperti koran, tabloid, dan majalah. Dimana biasanya pembaca mendapatkan informasi lewat media cetak, kini dengan adanya media sosial kini dapat dengan mudah mendapatkan beragam informasi yang diperlukan dengan memanfaatkan media online, dapat disimpulkan bahwa semakin berkembangnya zaman, media pun terus mengikutinya, bahkan media cetak suatu saat nanti kemungkinan bisa tergeser oleh media elektronik atau media online bila media cetak tersebut tidak memiliki kualitas dan nilai untuk diperjualbelikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data-data diperoleh, dari media cetak Radar Banten terkait strategi mempetahankan minat baca kemudian dianalisis dengan metode Deskriptif-Kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa ada lima strategi media cetak Radar Banten yang digunakan dalam mempertahankan minat pembacanya di era persaingan media baru masa kini yakni; menentukan readership dan pembaca parsial, membidik pembaca kalangan muda, melakukan promosi-promosi, pengenalan kerjasama dengan berbagai pihak, pemasangan iklan, koordinasi yang baik sesama staf. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh Radar Banten antara lain; memproduksi berita lokal, mengembangkan portal media online, memainkan konten dimedia digital, merasionalkan jumlah halaman.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi, Minat Baca, Media Cetak
Subjek: 600 Teknologi > 650 Bisnis > 652 Proses komunikasi tertulis
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Okt 2024 02:38
Perubahan Terakhir: 24 Okt 2024 02:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15559

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.