Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen di MAN 2 Pandeglang pada Pemelajaran Fikih)

Fitriah, Mida Maulida (2024) Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen di MAN 2 Pandeglang pada Pemelajaran Fikih). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210026_Cover.pdf

Download (279kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210026_Lampiran Depan.pdf

Download (797kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210026_BAB I.pdf

Download (533kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_201210026_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (750kB)
[img] Teks
S_PAI_201210026_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (624kB)
[img] Teks
S_PAI_201210026_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (553kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210026_BAB V.pdf

Download (201kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210026_Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode cooperative learning tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap motivasi belajar siswa kelas X MAN 2 Pandeglang pada pemelajaran fikih khususnya pada materi muamalah (jual-beli). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental nonequivalent (pre-test post-test) control group design, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penggunaan metode cooperative learning tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa pada pemelajaran fikih kelas X MAN 2 Pandeglang berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, diperoleh Sig sebesar 0,000, yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima karena Sig < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan Metode Cooperative Learning Tipe TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pemelajaran fikih kelas X dengan hasil niali post-test diperoleh rata-rata sebesar 75.545 termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Pemelajaran Cooperative Learning, Team Games Tournament, Motivasi Belajar Siswa, Fikih
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Okt 2024 03:29
Perubahan Terakhir: 14 Okt 2024 03:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15476

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.