Rachman, Saffa Muthia (2024) Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Kp. Lebak Huni Desa Cikiruhwetan Kec. Cikeusik Kab.Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_191260004_COVER.pdf Download (188kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260004_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (449kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260004_BAB I.pdf Download (315kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_191260004_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (448kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260004_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (248kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260004_ BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (436kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_191260004_ BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260004_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini ialah : 1) Untuk mengetahui intensitas penggunaan gadget anak usia dini di Kp. Lebak Huni Desa Cikiruhwetan Kec.Cikeusik Kab.Pandeglang. 2) Untuk mengeahui intensitas penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter anak usia dini di Kp. Lebak Huni, Desa. Cikiruhwetan, Kec. Cikeusik Kab. Pandeglang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Subyek penelitian yang peneliti ambil ialah sebanyak 3 anak yang berusia 5-6 tahun, kemudian mewawancarai masing-masing dari ketiga anak tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa, 1). Ketiga orang anak ternyata penggunaan intensitas gadgetnya sudah memasuki kategori penggunaan gadget yang tinggi. Dari hasil observasi terhadap anak pertama penggunaan gadget nya sudah mencapai 14 jam dalam sehari. Anak ke dua penggunaan gadgetnya hanya kurang lebih 2 jam dalam sehari. Sedangkan anak ketiga penggunaan gadgetnya kurang lebih 5 jam dalam sehari hanya saat pagi hari, karena setiap bangun pagi anak selalu menangis, dan orang tua mencegah anak untuk tidak menangis dengan memberikan sebuah gadget. 2). Dampak negatif yang ditimbulkan gadget, berpengaruh pada perkembangan emosional anak, terutama aspek pertumbuhan dan perkembanagn karakter. Dalam penggunaan emosi anak lebih mudah marah, susah diatur dan berbicara pada diri sendiri pada gadget. Sedangkan pengaruhnya pada moral berdampak pada perkembangan karakter anak tersebut, karena faktor lingkungan yang melakukan demikian.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Intensitas Penggunaan Gadget dan Pembentukan Karakter |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 01 Okt 2024 08:46 |
Perubahan Terakhir: | 01 Okt 2024 08:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15370 |
Actions (login required)
Lihat Item |