Fadilah, Wifa Silmi (2024) Pengaruh Korean Wave Terhadap Minat Beli Produk Korean Food Perspektif Ekonomi Syariah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_ES_191410185_Cover.pdf Download (196kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_191410185_Lampiran Depan.pdf Download (588kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_191410185_BAB I.pdf Download (255kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_ES_191410185_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (407kB) |
||
Teks
S_ES_191410185_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (278kB) |
||
Teks
S_ES_191410185_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (499kB) |
||
|
Teks
S_ES_191410185_BAB V.pdf Download (138kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_191410185_Daftar Pustaka.pdf Download (202kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Korean wave merupakan fenomena populer budaya korea yang berkembang pesat. Fenomena ini tidak hanya membawa pengaruh dalam bidang hiburan, tetapi juga dalam bidang kuliner. Di Indonesia, produk produk Korean food mulai diminati seiring dengan meningkatnya ketertarikan masyarakat terhadap budaya Korea. Korean wave telah mengubah pola konsumsi masyarakat. Beberapa konsumen menjadi lebih konsumtif dalam membeli produk Korean food. Hal ini dapat menimbulkan masalah, seperti pemborosan dan konsumsi makanan yang tidak sehat. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh Korean Wave terhadap Minat Beli Produk Korean Food?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh Korean Wave terhadap minat beli produk Korean Food. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Kopi Chuseyo x Mogoyo kota Serang. Dengan sampel penelitian berjumlah 75 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi sederhana yang dibantu menggunakan program IBM SPSS 26.0 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Korean wave berpengaruh positif dan signifikan, sehingga hipotesis diterima. Budaya Korea yang masuk ke Indonesia memiliki pengaruh terhadap masyarakat. Oleh karenanya akan mempengaruhi minat membeli dari produk Korea yang masuk ke masyarakat. Menyukai budaya Korea tidak dilarang dalam Islam, asalkan tau batasan dan tidak berlebihan. Konsumsi produk Korea harus didasarkan pada kebutuhan, bukan keinginan, dan harus dipastikan produk tersebut halal. Umat Islam diwajibkan menjadi konsumen yang cerdas dan bijak dalam membeli produk pangan, Hal ini dilakukan agar terhindar dari sifat-sifat yang tidak disukai Allah SWT, seperti konsumtif, boros, dan serakah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Korean Wave, Minat Beli |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 19 Sep 2024 02:58 |
Perubahan Terakhir: | 19 Sep 2024 02:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15268 |
Actions (login required)
Lihat Item |