Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk Dan Halal Supply Chain Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Muslim Di Kelurahan Pasir Gintung Kabupaten Tangerang

Krisandi, Rahmat (2024) Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk Dan Halal Supply Chain Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Muslim Di Kelurahan Pasir Gintung Kabupaten Tangerang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_212641011_COVER.pdf

Download (189kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_212641011_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (605kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_212641011_BAB I.pdf

Download (730kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_ES_212641011_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (838kB)
[img] Teks
T_ES_212641011_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (642kB)
[img] Teks
T_ES_212641011_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (657kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_212641011_BAB V.pdf

Download (298kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_212641011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) saat ini menjadi pusat perhatian bagi pengusaha-pengusaha baik di daerah maupun di perkotaan. Kinerja UMKM sangatlah tinggi sehingga dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan bisnisnya menjadi lebih baik. Keberadaan UMKM disambut baik oleh masyarakat karena UMKM bisa membantu permasalahan kewirausahaan bagi masyarakat yang membutuhkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh orientasi pasar, inovasi produk dan halal supply chain terhadap kinerja pemasaran pada UMKM muslim di Kelurahan Pasir Gintung Kabupaten Tangerang Banten. Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk muslim, sehingga kesadaran akan pentingnya menerapkan syariat Islam dalam menjalani aktivitas ekonomi menyadarkan mereka untuk menanamkan konsep halal dalam interaksi ekonomi sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer yang diambil dari hasil jawaban angket yang sudah didistribusikan pada pelaku UMKM muslim di Kelurahan Pasir Gintung Kabupaten Tangerang Banten. Pengambilan sampel menggunkan Teknik probabiliti random sampling dengan hasil sampel yang digunakan sebanyak 40 orang pelaku UMKM di Kelurahan Pasir Gintung Kabupaten Tangerang. Pengolahan data menggunakan Teknik statistic SPSS Versi 22. Dari hasil penelitian diketahui untuk variabel orientasi pasar nilai t hitung sebesar 2,057 > 2,022 t tabel dan nilai sig 0,005 > 0,05 maka ada pengaruh variabel bebas orientasi pasar (X1) terhadap variabel terikat kinerja pemasaran (Y) atau hipotesis diterima. Untuk variabel Inovasi produk (X2) nilai t hitung sebesar 4,110 > 2,022 t tabel dan nilai sig 0,001 < 0,05 maka ada pengaruh variabel bebas inovasi produk (X2) terhadap variabel terikat (Y) kinerja pemasaran secara signifikan atau hipotesis diterima. Untuk halal supply chain (X3) nilai t hitung sebesar 2,350 > 2,022 t tabel dan nilai sig 0,006 < 0,05 maka ada pengaruh variabel bebas halal supply chain (X3) terhadap variabel terikat (Y) kinerja pemasaran secara signifikan atau hipotesis diterima. Hal tersebut memaknai bahwa semakin baik dalam orientasi pasar, inovasi produk dan halal supply chain yang dimiliki oleh UMKM maka semakin baik juga kinerja pemasaran yang ada pada UMKM, khususnya UMKM muslim Kelurahan Pasir Gintung Kabupaten Tangerang Banten.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Orientasi pasar, Inovasi produk, Halal supply chain. Kinerja pemasaran UMKM muslim
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan > 332.041 Modal, Permodalan
Divisi: Magister > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 18 Sep 2024 04:10
Perubahan Terakhir: 18 Sep 2024 04:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15264

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.