Kurniasari, Sindi Aprilusi (2024) Analisis Sistem Keagenan Perisai dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Kepesertaan PBPU pada BPJS Ketenagakerjaan KCP Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_AS_201430052_Cover.pdf Download (344kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_AS_201430052_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_AS_201430052_Bab I.pdf Download (435kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_AS_201430052_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (369kB) |
||
Teks
S_AS_201430052_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (306kB) |
||
Teks
S_AS_201430052_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (339kB) |
||
|
Teks
S_AS_201430052_Bab V.pdf Download (188kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_AS_201430052_Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
BPJS Ketenagakerjaan yaitu jaminan sosial yang merupakan kewajiban dan tanggung jawab negara untuk memberikan perlindungan sosial dan ekonomi terhadap masyarakat dalam mengatasi resiko kerja. Setiap warga negara berhak atas jaminan sosial guna memberikan kehidupan yang layak serta meningkatkan kesejahtraan. Kesulitan pecapain target kepesertaan bukan penerima upah menjadi perhatian khusus bagi jajaran manajemen BPJS Ketenagakerjaan untuk itu dibentuknya sistem keagenan perisai untuk mengedukasi, mengakuisis, serta memberikan informasi terkatit program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan. Karena dilihat dari pekerja bukan penerima upah ini merupakan pekerja mandiri seperti nelayan, pedagang, petani, tukang ojek, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, perlindungan jaminan sosial terhadap tenaga kerja bukan penerima upah sangat penting dikarnakan sifat dan jenis kepesertaannya sendiri sangat rentan terhadap resiko dan ancaman sosial ekonomi seperti kemiskinan dan pengangguran. Penelitian ini dilakukan di BPJS Ketenagakerjan KCP Pandeglang untuk mengetahui upaya promotion mix jasa yang dilakukan agen perisai dalam meningkatkan jumlah kepesertaan di BPJS Ketenagkerjaan KCP Pandeglang. Rerumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana upaya Agen Perisai dalam meningkatkan jumlah kepesertaaan pada pekerja bukan penerma upah?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk menganalisis upaya Agen Perisai dalam meningkatkan jumlah kepesertaan pada pekerja bukan penerima upah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan yang dikembangkan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dan data skunder. Data primer didapat dari hasil wawancara dan observasi. Data skunder didapat dari buku-buku, jurnal, penelitian terdahulu yang relevan dan sumber lainnya. Penerapan promotion mix jasa dalam upaya meningkatkan jumlah kepesertaan yang dilakukan agen perisai BPJS Ketenagakerjaan KCP Pandeglang dengan melakukan periklanan (adversting), pemasran tatap muka (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), publisitas (public relation), pemasaran langsung (direct marketing), telah dilakukan dengan baik oleh agen perisai BPJS Ketenagakerjaan KCP Pandeglang. Sehingga upaya peningkatan jumlah kepesertaan pekerja bukan penerima upah telah maksimal.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Upaya, Agen Perisai, Peningkatan Kepesertaan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 04 Sep 2024 12:40 |
Perubahan Terakhir: | 04 Sep 2024 12:40 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15119 |
Actions (login required)
Lihat Item |