Ramli, Salsabila (2024) Pengembangan LKPD Bernuansa HOTS Pada Kelas IV SD Pelajaran IPA Materi Gaya dan Gerak ( Research and Development di Kelas IV SD Islam An-Nur). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240107_COVER.pdf Download (206kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240107_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (356kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240107_BAB I.pdf Download (311kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240107_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (418kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240107_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (488kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240107_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240107_BAB V.pdf Download (176kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240107_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD bernuansa HOTS pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak di kelas IV SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dapat disebut Research and Development dengan menggunakan model ADDIE, model penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (mengembangkan), 4) Implementation (Implementasi), 5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam An-Nur Cipocok yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan angket validasi ahli Pendidikan IPA, validasi guru SD, nilai hasil tes formatif siswa, dan respon siswa. Hasil dari penelitian berdasarkan data dengan perhitungan skala likert yaitu, didapatkan dari hasil validasi oleh 3 validator dengan jumlah nilai keseluruhan validator yaitu 80,5 yang termasuk dalam kategori “layak”. Hasil dari angket respon peserta didik mendapatkan jumlah skor rata-rata 4,48 dengan nilai persentase 89,6%, dengan begitu LKPD bernuansa HOTS ini mendapatkan respon positif dari sebagian besar siswa. Dengan hasil yang menunjukkan “layak” dan respon positif dari siswa, maka LKPD bernuansa HOTS layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas IV Pelajaran IPA.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pelajaran IPA materi gaya dan gerak, LKPD berbasis HOTS, Media pembelajaran. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 09 Jul 2024 08:44 |
Perubahan Terakhir: | 19 Jul 2024 03:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14847 |
Actions (login required)
Lihat Item |