Implementasi Profesionalisme Guru dalam Meningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Masyariqul Anwar Tangerang

Faturohman, Irfan (2024) Implementasi Profesionalisme Guru dalam Meningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Masyariqul Anwar Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_161210178_Cover.pdf

Download (117kB)
[img] Teks
S_PAI_161210178_Lampiran Depan.pdf

Download (979kB)
[img] Teks
S_PAI_161210178_BAB I.pdf

Download (504kB)
[img] Teks
S_PAI_161210178_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (356kB)
[img] Teks
S_PAI_161210178_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (325kB)
[img] Teks
S_PAI_161210178_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (737kB)
[img] Teks
S_PAI_161210178_BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Teks
S_PAI_161210178_Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan profesionalisme guru Akidah Akhlak dalam proses pembelajaran yang kurang baik, dalam menyampaikan materi pembelajaran guru Akidah Akhlak masih melihat buku, Guru Akidah Akhlak hanya menggunakan metode ceramah, dan jarang sekali menggunakan alat dan media pembelajaran. Jika dilihat dari hasil belajar siswa ternyata masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah rata-rata KKM. Sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa juga ikut menurun jika dilihat dari hasil ulangan akhir semester, nilai yang diperoleh siswa adalah 68 sedangkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75. Dalam penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimana Profesionalisme Guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Masyariqul Anwar Tangerang? 2) Adakah hambatan dalam pengimplementasian profesionalisme Guru Akidah Akhlak di MTs. Masyariqul Anwar Tangerang? 3) Bagaimana upaya Guru dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs. Masyariqul Anwar Tangerang? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: guru Akidah Akhlak, data skunder yaitu: siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi guru Akidah Akhlak dalam pembelajaran siswa Madrasah Masyariqul Anwar Tangerang. Faktor penghambat dari segi waktu ini muncul karena kurangnya waktu untuk belajar di Madrasah Masyariqul Anwar Tangerang. Kemudian minimnya pemahaman anak didik tentang agama Islam dalam pelajaran Akidah Akhlak, dan Kendala-kendala guru dalam meningkat profesional guru pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Masyariqul Anwar Tangerang, yaitu Faktor Penghambat Dari segi Waktu dan Non Waktu, Faktor Pendidik atau guru, Faktor anak didik, Sarana dan prasarana serta fasilitas. Sehingga ini dapat menghambat proses kegiatan belajar mengajar di Madrasah Masyariqul Anwar Tangerang. Usaha-usaha yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kompetensi guru Aqidah Akhlak di Madrasah Masyariqul Anwar Tangerang, yaitu: 1) mengikuti penataran dan Sharing dengan orang yang lebih tahu, 2) dengan memberikan nasihat tentang disiplin waktu, 3) Memberikan tugas hafalan pada siswa di rumah 4) menggunakan fasilitas dan media yang tersedia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Proesionalisme Guru, Prestasi Belajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Jun 2024 07:44
Perubahan Terakhir: 25 Jun 2024 07:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14763

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.