Ramlan, Anisa Rocahaeliyn (2024) Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda Matematika pada Ranah Kognitif untuk Siswa Kelas V Semester 1. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240140_Cover.pdf Download (102kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240140_Lampiran Depan.pdf Download (798kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240140_BAB I.pdf Download (233kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240140_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (419kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240140_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (525kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240140_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (485kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240140_BAB V.pdf Download (86kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240140_Daftar Pustaka.pdf Download (162kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah prosedur pengembangan instrumen tes pilihan ganda matematika pada ranah kognitif siswa kelas 5 Sekolah Dasar Semester 1. 2) Bagaimanakah kelayakan instrumen tes matematika pada ranah kognitif siswa kelas 5 Sekolah Dasar semester 1. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui prosedur pengembangan instrumen tes matematika pada ranah kognitif siswa kelas 5 Sekolah Dasar semester 1. 2) Mengetahui kelayakan instrumen tes matematika pada ranah kognitif siswa kelas 5 Sekolah Dasar semester 1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa kelas V SD Negeri Pagedangan Ilir 1. Hasil penelitian ini adalah: 1) prosedur yang digunakan sebagaimana metode penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation). 2) kelayakan produk pada penelitian ini adalah dari 90 soal pilihan ganda terdapat 78% soal yang masuk dalam kategori valid sedangkan 22% soal yang masuk dalam kategori tidak valid. Kemudian untuk reliabilitas mendapatkan nilai koefisien sebesar 0,979. Sementara itu soal yang masuk dalam kategori mudah, sedang dan sukar pada indeks tingkat kesukaran masing-masing sebesar 2%, 80% dan 18%. Kemudian soal yang masuk kategori sangat baik, baik, cukup, buruk dan sangat buruk pada indeks daya beda masing-masing sebesar 55,5%, 24%, 8%, 7% dan 5,5%. Selanjutnya pada indeks pengecoh soal yang diterima 89% dan yang tidak diterima yaitu 11%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen tes pilihan ganda matematika pada ranah kognitif siswa layak digunakan sebagai bahan acuan bank soal dan soal Latihan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | instrumen tes, Matematika, Ranah Kognitif |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 05 Apr 2024 05:42 |
Perubahan Terakhir: | 05 Apr 2024 05:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14460 |
Actions (login required)
Lihat Item |