Ummah, Yoyoh Khoirotul (2024) تطبيق التقويم الأصيل في تعلم اللغة العربية (دراسة الحالة في الصف السابع بمدرسة ويديا جندكيا المتوسطة الإسلامية سيرانج). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_191220040_Cover.pdf Download (212kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220040_Lampiran Depan.pdf Download (754kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220040_BAB I.pdf Download (531kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBA_191220040_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (476kB) |
||
Teks
S_PBA_191220040_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (351kB) |
||
Teks
S_PBA_191220040_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (349kB) |
||
|
Teks
S_PBA_191220040_BAB V.pdf Download (282kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220040_Daftar Pustaka.pdf Download (237kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya kurikulum 2013 yang menekankan pada pendidikan karakter bagi siswa. Pada kurikulum 2013, penilaian yang digunakan adalah penilaian autentik. Kurikulum 2013 mensyaratkan bahwa siswa dianggap sama, dan setiap siswa harus memiliki keunggulan dalam kompetensi kognitif, kompetensi sikap, dan kompetensi keterampilan. Oleh karena itu, guru harus mengevaluasi siswa tidak hanya dari hasil belajar mereka tetapi juga mengevaluasi proses pembelajaran. Di kelas 7 SMP Islam Widya Cendekia Kota Serang, para guru melakukan penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Arab dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas 7 SMP Islam Widya Cendekia Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian berfokus pada pelaksanaan penilaian nyata. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan kelas 7. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data Miles dan Huberman digunakan dengan mengumpulkan data lapangan, mereduksi data yang relevan, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Arab melakukan penilaian autentik di kelas sasaran, sesuai kurikulum 2013 yang meliputi kompetensi, sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi sikap dengan observasi, penilaian teman sebaya dan jurnal. Kompetensi pengetahuan menggunakan teknik tes tertulis, tes lisan dan tugas. Kompetensi keterampilan menggunakan teknik kinerja proyek, portofolio, dan produk. Penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan penilaian dilaksanakan secara komprehensif cukup baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun pelaporan. Saran dalam pelaksanaan penilaian autentik adalah agar guru menggunakan waktu dalam melakukan penilaian dan alat penilaian yang digunakan perlu ditinjau ulang untuk menilai kemampuan siswa secara tepat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Penilaian Autentik, Kurikulum 2013 |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 25 Mar 2024 03:30 |
Perubahan Terakhir: | 25 Mar 2024 03:30 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14357 |
Actions (login required)
Lihat Item |