Pengaruh Teknik Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII MTs Al-Ma’arif Rancalutung

Mulia, Mulia (2024) Pengaruh Teknik Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII MTs Al-Ma’arif Rancalutung. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220030_Cover.pdf

Download (340kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220030_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220030_BAB I.pdf

Download (413kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBA_191220030_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (602kB)
[img] Teks
S_PBA_191220030_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (509kB)
[img] Teks
S_PBA_191220030_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (533kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220030_BAB V.pdf

Download (335kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220030_Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik Ice Breaking terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII MTs Al-Ma’arif Rancalutung. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab, dan untuk mengidentifikasi pengaruh teknik Ice Breaking terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII MTs Al-Ma’arif Rancalutung. Peneliti memilih metode eksperimen dengan desain (Quasi Eksperimen) karena metode ini cocok untuk menguji keabsahan hasil yang ditarik dari hipotesis dalam penelitian ini dan sampel yang dipilih tidak dipilih secara acak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik ice breaking selama kegiatan pembelajaran di kelas menarik perhatian siswa sehingga siswa menjadi lebih bersemangat dan fokus serta tidak jenuh dalam pembelajaran sehingga siswa memahami materi yang disampaikan. Terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa setelah menerapkan teknik Ice Breaking. Hal ini terlihat dari perbandingan antara hasil pre test dan post test dikelas eksperimen dan kontrol. Terdapat pengaruh teknik Ice Breaking terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab. Demikian hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Nilai (Sig) kurang dari 0,05. oleh karena itu, H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa penerapan teknik Ice Breaking berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Rancalutung sebesar 51%, dan sisanya 49% dipengaruhi oleh variabel lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengaruh, Teknik Ice Breaking, hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Feb 2024 03:20
Perubahan Terakhir: 29 Feb 2024 03:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14225

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.