Amaniyah, Nailil (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Narasi (R&D di Kelas V MI Al-Khairiyah Lebak Kelapa). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240054_Cover.pdf Download (56kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240054_Lampiran Depan.pdf Download (789kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240054_BAB I.pdf Download (191kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240054_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (259kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240054_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (554kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240054_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240054_BAB V.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240054_Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V MI Al-Khairiyah Lebak Kelapa. Hal ini di sebabkan kurangnya media pembelajaran dan antusias peserta didik pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui rancangan pengembangan media pembelajaran Scrapbook untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pelajaran Bahasa Indonesia materi teks narasi di kelas V MI. 2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran Scrapbook untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pelajaran Bahasa Indonesia materi teks narasi di kelas V MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research And Development (R&D). Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah : 1) Rancangan pengembangan media Scrapbook menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). 2) kelayakan media pembelajaran Scrapbook untuk hasil penilaian 1 ahli media memperoleh nilai akhir 87% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan penilaian 2 ahli materi memperoleh nilai akhir 90% dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya penilaian akhir kuesioner respon pendidik dan peserta didik. Penilaian 1 kuesioner respon pendidik memperoleh nilai akhir 96% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan penilaian 2 kuesioner respon peserta didik memperoleh nilai akhir 84,2% dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya hasil dari penilaian untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan pre-test dan post-test memperoleh hasil akhir 0,42. Dengan demikian media Scrapbook untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V Sangat Layak untuk digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran Scrapbook, Berpikir Tingkat Tinggi, Bahasa Indonesia |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 30 Okt 2023 07:43 |
Perubahan Terakhir: | 30 Okt 2023 07:43 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13629 |
Actions (login required)
Lihat Item |