Astriyani, Astriyani (2023) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar pada Remaja di RT. 05 RW. 02 Desa Cisereh Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_191520082_Cover.pdf Download (120kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520082_Lampiran Depan.pdf Download (887kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520082_Bab I.pdf Download (298kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_191520082_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (346kB) |
||
Teks
S_BKI_191520082_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (431kB) |
||
Teks
S_BKI_191520082_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (332kB) |
||
|
Teks
S_BKI_191520082_Bab V.pdf Download (171kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520082_Daftar Pustaka.pdf Download (3MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan keompok dengan teknik role playing dan mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Sampe peneltian ini adalah 8 orang remaja awal yang ditarik dengan teknik Teiknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre- eksperimental. Dengan menggunakan pretesst-posttest one group design dengan satu perlakuan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Paired sample T test dengan bantuan program SPSS versi 25.00. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keadaan kemandirian belajar remaja sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dari hasil perhitungan skor pretest berada dikategori sangat rendah dengan rata-rata skor sebesar 61,88. Keadaan kemandirian belajar remaja sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dari hasil skor rata-rata posttest berada dikategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 95,88. Terdapat perbedaan kemandirian belajar remaja di Rt.05 Rw.02 Desa Cisereh Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang Banten sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, Dengan nilai taraf signifikansinya 0.000 yang artinya lebih kecil dari 0.05 (0.000< 0.05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kemandirian belajar remaja Rt. 05 Rw. 02 Desa Cisereh Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang Banten.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Kemandirian Belajar Remaja |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 26 Okt 2023 02:56 |
Perubahan Terakhir: | 16 Apr 2024 02:13 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13578 |
Actions (login required)
Lihat Item |