Maryadi, Maryadi (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Kepribadian Muslim Pada Siswa (Studi Di Kelas VII SMPN 2 Mauk Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210017_Cover.pdf Download (23kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210017_Lampiran Depan.pdf Download (502kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210017_BAB I.pdf Download (195kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210017_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (323kB) |
||
Teks
S_PAI_171210017_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (138kB) |
||
Teks
S_PAI_171210017_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (199kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210017_BAB V.pdf Download (11kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210017_Daftar Pustaka.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian siswa, strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kepribadian muslim, dan faktor penghambat strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kepribadian muslim pada siswa kelas VII SMPN 2 Mauk Kab. Tangerang. Adapaun jenis penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu jenis penelitian yang hasilnya tidak dipeoleh melalui metode statistik atau metode lainnya. Hasil penelitian yang diperoleh terkait kepribadian siswa, yaitu sangat aktif, kreatif, inovatif disiplin, jujur, tekun serta taat beribadah, pandai menjaga waktu, bermanfaat bagi orang lain dan sopan. Adapaun strategi yang di gunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kepribadian muslim pada siswa. Strategi yang pertama dengan memberikan penjelasan dan memberi contoh, karena dimulai sejak mereka kelas VII semester I sudah diterapkan pembinaan kepribadian muslim kepada mereka sejak dini. Strategi yang kedua menerapkan keteladanan yang baik sebelum memerintahkan kepada murid, terlebih dahulu menerapkan ke diri sendiri untuk menjadi contoh yang baik. Strategi yang ketiga digunakan adalah pembiasaan dan peneladanan jika siswa sudah terbiasa melakukannya maka dengan mudah bagi guru untuk memberikan pengertian kepada siswa dan membangkitkan minat serta membentuk sikapnya. Sedangkan faktor penghambat strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kepribadian muslim pada siswa kurangnya kerjasama yang baik antara guru dengan murid sehingga mempersulit pembinaan kepribadian yang baik serta faktor lingkungan di luar sekolah, sehingga dapat mempengaruhi kepribadian muslim pada siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Guru, Kepribadian Muslim Siswa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 02 Okt 2023 04:56 |
Perubahan Terakhir: | 02 Okt 2023 04:56 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13348 |
Actions (login required)
Lihat Item |