Hartati, Intan Sri (2023) Perspektif Ekonomi Islam Tentang Pengaruh Beban Pemasaran dan Beban Produksi Terhadap Laba Bersih (Studi Pada PT. Unilever Tbk periode tahun 2013-2022). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_ES_191410153_Cover.pdf Download (199kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_191410153_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_191410153_BAB I.pdf Download (348kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_ES_191410153_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
Teks
S_ES_191410153_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (398kB) |
||
Teks
S_ES_191410153_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (443kB) |
||
|
Teks
S_ES_191410153_BAB V.pdf Download (288kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_191410153_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kenaikan beban produksi tidak disertai dengan kenaikan laba bersih pada perusahaan, ketika perusahaan meningkatkan volume produksinya, maka otomatis membutuhkan biaya produksi yang banyak atau biaya produksi akan mengalami peningkatan. Dengan adanya peningkatan biaya produksi, berimplikasi pada jumlah produk yang dihasilkan juga meningkat sehingga produk yang siap untuk dijual juga bertambah. Akibatnya volume penjualan pun ikut bertambah, dan akan mengakibatkan laba yang dihasilkan akan mengalami peningkatan. Jadi secara tidak langsung biaya produksi bertambah mengakibatkan bertambahnya pula laba yang diperoleh oleh perusahaan. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu seberapa besar perspektif beban pemasaran dan beban produksi terhadap laba bersih pada PT. Unilever Tbk periode tahun 2013-2022 baik secara parsial maupun simultan, sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana perspektif beban pemasaran dan beban produksi terhadap laba bersih pada PT. Unilever Tbk periode tahun 2013-2022 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini peneliti menggunakan jenis data kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisi regresi berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), dan koefisien determinasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 25 Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan beban pemasaran terhadap laba bersih pada PT. Unilever Tbk periode tahun 2013-2022, hasil thitung < ttabel (6,175 > 2,024) dengan tingkat signifikansi > 0,05. Tidak terdapat pengaruh beban produksi terhadap laba bersih pada PT. Unilever Tbk periode tahun 2013-2022, didapat hasil thitung < ttabel (1,729 < 2,024) dengan tingkat signifikansi sebesar > 0,05. Terdapat pengaruh signifikan beban pemasaran dan beban produksi secara bersama-sama terhadap laba bersih pada PT. Unillever Tbk Periode 2013-2022, didapat hasil Fhitung > Ftabel (136,996 > 3,252) dengan tingkat signifikansi sebesar < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini pada hipotesis pertama terdapat pengaruh positif dan signifikan beban pemasaran terhadap laba bersih, hipotesis kedua tidak terdapat pengaruh beban produksi terhadap laba bersih pada dan hipotesis ketiga terdapat pengaruh signifikan beban pemasaran dan beban produksi secara bersama-sama terhadap laba bersih pada PT. Unillever Tbk Periode 2013-2022.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Biaya Produksi, Biaya Pemasaran, Laba Bersih |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 21 Sep 2023 07:48 |
Perubahan Terakhir: | 21 Sep 2023 07:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13283 |
Actions (login required)
Lihat Item |