Khoiriyah, Roudotul (2023) Pengembangan Aplikasi Pembelajaran “Smart Learning” Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III SD. (R & D di kelas III SD Negeri Pasir). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240114_Cover.pdf Download (249kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240114_Lampiran Depan.pdf Download (577kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240114_BAB I.pdf Download (271kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240114_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (410kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240114_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (351kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240114_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240114_BAB V.pdf Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240114_Daftar Pustaka.pdf Download (154kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di lapangan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi pecahan yang rendah. Hal itu disebabkan karena siswa terkadang kurang memperhatikan pelajaran, terkadang bermain/bercanda pada saat guru menjelaskan pelajaran. Selain itu juga guru memiliki keterbatasan dalam hal pengelolaan waktu. Dikarenakan materi pelajaran terlalu banyak, sehingga dihabiskan untuk mengajar tidak ada kesempatan untuk merancang media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran aplikasi Smart Learning. Aplikasi Smart Learning merupakan penamaan dalam sebuah program perangkat lunak yang memanfaatkan teknologi dalam proses kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Develoment, Implementation, dan Evalation) .Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan kuesioner (angket). Hasil penelitian ini adalah prosedur yang digunakan sebagaimana metode penelitian pengembangan model ADDIE . Kelayakan produk pada penelitian ini yakni dilihat dari angket validator, skor validator ahli media memperoleh jumlah skor 60 dengan rata-rata 4 artinya nilai rata-rata skor tersebut termasuk kriteria sesuai, dan produk dinyatakan layak untuk diuji coba lapangan dengan revisi. Sedangkan skor penilaian validator ahli materi memperoleh jumlah skor 164 dengan rata-rata 4,55 artinya nilai rata-rata skor tersebut termasuk kriteria sangat cukup, dan produk dinyatakan layak untuk di uji coba lapangan tanpa revisi. Keefektifan produk pada penelitian ini yaitu hasil sebaran angket motivasi belajar siswa terdapat 3 siswa yang kriteria motivasinya tetap, dan terdapat 7 siswa yang krieria motivasinya meningkat.Dilihat dari skor rata-rata gain 0,336. Dengan demikian, hasil penelitian terhadap motivasi belajar siswa mengalami peningkatan berada dalam kategori sedang. Dilihat dari beberapa hasil penelitian diatas, peneliti bisa menyimpulkan bahwa pengembangan aplikasi Smart Learning materi pecahan bisa meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SD.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Smart Learning, Matematika, Motivasi Belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 01 Aug 2023 04:28 |
Perubahan Terakhir: | 01 Aug 2023 04:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12758 |
Actions (login required)
Lihat Item |