Wijaya, Sheila Rahma (2023) Citra Perempuan dalam Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes tentang Stereotipe Perempuan dalam Iklan Biore Body Foam Moisture Care). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_ 181510053_COVER.pdf Download (95kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_ 181510053_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (573kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_ 181510053_BAB I.pdf Download (203kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_ 181510053_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (423kB) |
||
Teks
S_KPI_ 181510053_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (96kB) |
||
Teks
S_KPI_ 181510053_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (630kB) |
||
|
Teks
S_KPI_ 181510053_BAB V.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_ 181510053_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Iklan merupakan salah satu sarana informasi yang menyampaikan informasi dengan tujuan untuk memberitahu atau memperkenalkan sebuah produk dan merek kepada khalayak melalui platform media tertentu. Iklan telah memberikan dampak konsumeristik secara skala besar bagi berbagai usia. Namun dibalik itu semua berbagai macam bentuk stereotip dan eksploitasi gender terutama pada perempuan secara tidak langsung dalam beberapa iklan komersil. Seperti pada iklan yang peneliti bahas disini yaitu Biore Body Foam Moisture Care yang mana masih terdapat adegan-adegan yang secara implisit memberikan stereotip dan eksploitasi perempuan. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1). Bagaimana citra perempuan pada iklan Biore Body Foam Moistue Care? 2). Bagaimana pemaknaan stereotip perempuan dalam iklan Biore Body Foam Moisture Care? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengembangkan pengetahuan dan mengetahui bagaimana citra perempuan pada iklan Biore Body Foam Moisture Care. Sekaligus untuk mengetahui cara melakukan penelitian serta analisis data penelitian yang sesuai dengan jenis penelitian. 2). Untuk mengetahui bagaimana citra perempuan dalam iklan Biore Body Foam Moisture Care yang secara tidak langsung memberikan pesan stereotip-stereotip perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitiannya menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes dengan pengumpulan data studi Pustaka dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan: 1). Di dalam iklan Biore body foam moisture care terdapat citra perempuan meliputi citra pigura dan citra pergaulan. citra pigura dalam iklan ini menonjolkan pada sifat-sifat biologis, sedangkan citra pergaulan dalam iklan secara implisit tersirat sebagai bentuk representasi kekhawatiran perempuan akan penampilan. 2). Di dalam iklan Biore body foam moisture care terdapat pemaknaan stereotip perempuan yaitu satu, makhluk memikat yang harus mampu tampil cantik sehingga terdapat standar kecantikan di tengah masyarakat. Dua, pemberian makna perempuan lebih mementingkan penampilannya dibandingkan intelektualnya sehingga memberikan stereotip bahwa perempuan adalah pelayan atau pengasuh yang hanya beraktivitas di area domestik. Tiga, tubuh dan kecantikan yang dimiliki perempuan masih dijadikan sebuah eksploitasi di media iklan. Hal ini tentu menjadi pemicu terhambatnya potensi yang dimiliki perempuan, bahwa perempuan bukan hanya memiliki kecantikan namun juga bakat dan keterampilan lainnya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Citra, Iklan, Stereotipe, Perempuan |
Subjek: | 600 Teknologi > 650 Bisnis > 659 Iklan & PR |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 23 Feb 2023 06:44 |
Perubahan Terakhir: | 28 Mar 2024 07:16 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11524 |
Actions (login required)
Lihat Item |