Utami, Firda Utami (2022) Pendidikan Ramah Anak dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Penelitian di TK Al-Furqon Kebondalem Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_161260006_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (25kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_161260006_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (624kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_161260006_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (186kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_161260006_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (194kB) |
||
Teks
S_PIAUD_161260006_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (182kB) |
||
Teks
S_PIAUD_161260006_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (140kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_161260006_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (11kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_161260006_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (84kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari pendidik atau guru di sekolah TK Al-Furqon Kebondalem Cilegon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, tahap data display penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi data dikuatkan oleh bukti yang ditemukan. Hasil penelitian peneliti menunjukkan bahwa di sekolah TK Al-Furqon Kebondalem Cilegon hanya menerapkan beberapa indikator dari empat komponen pendidikan ramah anak yang diteliti penulis. Sedangkan upaya yang dilakukan guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang ramah anak yaitu dengan memanfaatkan fasilitas sekolah, menggunakan beberapa metode pembelajaran seperti metode berkelompok, bercerita, melakukan kegiatan unjuk kerja dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan penuh pengalaman baru dengan belajar diluar kelas. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi pendidik yaitu pendidik itu sendiri, partisipasi orangtua, lokasi sekolah, dan fasilitas sarana prasarana. Implikasi dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik serta mewujudkan lingkungan yang mendukung peserta didik tumbuh dan berkembang sesuai harapan sehingga disarankan pihak sekolah khususnya guru untuk menerapkan pendidikan yang ramah anak. Upaya pemberian suasana lingkungan yang mampu mengembangkan segala potensi yang ada pada diri peserta didik, selain itu untuk memenuhi tujuan dari pendidikan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pendidikan, Ramah Anak, Lembaga PAUD |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 22 Feb 2023 06:48 |
Perubahan Terakhir: | 22 Feb 2023 06:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11516 |
Actions (login required)
Lihat Item |