Rohmah, Siti (2023) Hubungan Antara Pembelajaran Baca Tulis Hafalan Al-Qur’an (BTHQ) dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Kasus di MTsN 4 Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210069_Cover.pdf Download (110kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210069_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210069_BAB I.pdf Download (545kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210069_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (866kB) |
||
Teks
S_PAI_181210069_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (666kB) |
||
Teks
S_PAI_181210069_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (684kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210069_BAB V.pdf Download (258kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210069_Daftar Pustaka.pdf Download (371kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Secara formal, pembelajaran diterapkan untuk mendapatkan hasil yang disebut dengan prestasi belajar. Namun kemampuan siswa dalam menangkap materi pelajaran berbeda-beda. Dalam hal ini terdapat suatu permasalahan mengenai prestasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Dimana masih banyak siswa yang mempunyai prestasi belajar rendah. Maka dari itu dibutuhkan usaha untuk menyelesaikan masalah tersebut, salah satunya dengan mengikuti pembelajaran Baca Tulis Hafalan al-Qur’an (BTHQ) dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pembelajaran Baca Tulis Hafalan al-Qur’an (BTHQ) di MTsN 4 Tangerang, 2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MTsN 4 Tangerang, 3) hubungan antara pembelajaran Baca Tulis Hafalan al-Qur’an (BTHQ) dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MTsN 4 Tangerang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah Sampling Purposive, yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu, maka didapatlah 62 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menyebarkan angket dan mengambil dokumentasi (mengambil data). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indeks korelasi “r” mendapatkan hasil sebesar 0,656. Setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi “r” Product Moment dapat diketahui bahwa angka 0,656 berada diantara (0,60 – 0,80) yang interpretasinya adalah : antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang kuat atau tinggi. Selanjutnya berdasarkan hasil uji signifikansi diketahui t hitung = 8,907 > ttabel = 1,672. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis (H0) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pembelajaran Baca Tulis Hafalan al-Qur’an (BTHQ) dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Adapun kontribusi variabel X dan variabel Y dengan menggunakan rumus koefisien determinasi dapat diketahui nilai sebesar 43% sedangkan sisanya 57% dapat dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran Baca Tulis Hafalan Al-Qur’an (BTHQ), Prestasi Belajar, Al-Qur’an Hadits |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 10 Feb 2023 03:47 |
Perubahan Terakhir: | 10 Feb 2023 03:47 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11401 |
Actions (login required)
Lihat Item |