Agustini, Deis Kuriah (2023) Implementasi Metode Fernald dengan Permainan Scrabble untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa (PTK di Kelas IV SDN Pancanegara). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240113_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (61kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240113_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (461kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240113_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (298kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240113_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (256kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240113_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (429kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240113_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (495kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240113_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240113_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (164kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi implementasi metode fernald dengan permainan scrabble dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjeknya adalah enam siswa kelas IV yang memiliki kemampuan membaca rendah, Penetapan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode fernald dengan permainan scrabble dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Adapun peningkatan kemampuan membaca siswa melalui tujuh tahap yaitu 1) Memberitahukan teks bacaan yang akan dibaca oleh siswa. 2) Siswa membaca beberapa kalimat pada teks bacaan dan diminta memilih kata yang dianggap sulit dalam teks bacaan. 3) Guru menuliskan kata tersebut pada kertas menggunakan spidol. 4) Siswa menelusuri kata tersebut dengan jarinya sambil menyebutkan bunyi setiap hurufnya dengan perlahan-lahan dan benar (tactile and auditory). 5) Saat menelusuri kata, siswa melihat kata tersebut (visual). 6) Siswa menuliskan kata yang telah dipelajarinya pada kertas lain tanpa melihat contoh tulisan (kinesthetic), namun jika siswa salah menulis maka siswa harus mengulang langkah dari awal. 7) Siswa menyusun potongan huruf pada media scrabble hingga menjadi kata yang telah dipelajarinya kemudian dibaca. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa implementasi metode fernald dengan permainan scrabble yang seperti inilah yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pada 6 siswa dikelas IV SDN Pancanegara.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Fernald, Permainan Scrabble, Kemampuan Membaca, PTK |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 03 Feb 2023 07:37 |
Perubahan Terakhir: | 03 Feb 2023 07:37 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11260 |
Actions (login required)
Lihat Item |