Mutiara, Anggita (2023) Pengelolaan Kelas sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kelas V SDN Cigelam 2. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240145_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (137kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240145_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (544kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240145_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (223kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240145_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (431kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240145_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (298kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240145_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (633kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240145_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240145_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (224kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan kelas di kelas V SDN Cigelam 2, untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat pengelolaan kelas di Kelas V SDN Cigelam 2,untuk mengetahui upaya peningkatan mutu pembelajaran melalui pengelolaan kelas oleh guru SDN Cigelam 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni; wawancara, observasi dan dokumentasi. Tekni pengolahan dan analisis data yaitu; open coding, axial coding, dan selective coding. Penelitian ini menemukan telah terjadi pelaksanaan pengelolaan kelas dikelas V SDN Cigelam 2 dengan menggunakan prinsip-prinsip dan pendekatan dalam proses pembelajaran. terdapat faktor penunjang dalam pengelolaan kelas yaitu; ruang kelas yang nyaman, rapih dan bersih, fasilitas pembelajaran yang memadai, kesiapan peserta didik, kerjasama warga sekolah di SDN Cigelam 2. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu; transformasi pandemi, Minimnya sarana dan prasarana seperti Perpustakaan dengan buku seadanya, keterbatasan SDM, tidak menganalisis hasil akhir, hanya sebatas menyampaikan materi, kualitas dan kuantitas siswa berbeda-beda, belum ada kesiapan belajar siswa, mengganggu teman dikelas. Upaya peningkatan mutu pembelajaran melalui pengelolaan kelas oleh guru kelas V SDN Cigelam 2 yaitu; menyesuaikan materi pembelajaran dengan peserta didik, menjadikan kelas yang nyaman, memberikan hukuman yang bermanfaat, guru mengajar tidak berpatok di satu tempat, guru memaksimalkan pembelajaran, memahami kekurangan, mengikuti arahan pemerintah, dan terus meningkatkan kekreativitasan guru dalam proses pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengelolaan Kelas, Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 03 Feb 2023 03:50 |
Perubahan Terakhir: | 03 Feb 2023 03:50 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11248 |
Actions (login required)
Lihat Item |