Azzahra, Rachma (2023) Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Powtoon pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240131_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (214kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240131_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (405kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240131_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (117kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240131_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (153kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240131_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (387kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240131_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (571kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240131_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240131_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (99kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media video berbasis Powtoon serta untuk menguji keefektifan media video animasi berbasis Powtoon dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Latar belakang pada penelitian ini adalah masih banyaknya peserta didik kelas IV Annisa yang mendapatkan hasil belajar IPS dibawah KKM (73). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: berdasarkan hasil uji validasi media video animasi berbasis Powtoon dapat diketahui bahwa dosen ahli media memberikan skor 40 dari skor maksimal 45 sehingga memperoleh rata-rata persentase 88% dengan kriteria "Sangat Layak", sedangkan dari dosen ahli materi memberikan skor 37 dari skor maksimal 40 sehingga memperoleh rata-rata persentase 92% dengan kriteria "Sangat Layak". Hal ini menunjukkan bahwa media video animasi berbasis Powtoon layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Adapun berdasarkan hasil uji coba media video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran IPS di kelas IV Annisa SDIT Bina Bangsa, hasil belajar peserta didik menunjukkan adanya peningkatan sebesar 15,8%. Sebelum uji coba produk, peserta didik memperoleh nilai rata-rata persentase 71,7% dan setelah melakukan uji coba produk, peserta didik memperoleh rata-rata persentase 87,5%. Persentase hasil belajar peserta didik tersebut sudah melewati dari batas persentase yang sudah ditetapkan ketuntasan klasikal yaitu 85%. Hal ini menunjukkan bahwa media video animasi berbasis Powtoon efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran IPS.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Research and Development, Powtoon, Hasil Belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 02 Feb 2023 02:41 |
Perubahan Terakhir: | 02 Feb 2023 02:41 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11212 |
Actions (login required)
Lihat Item |