Hidayat, Nisa Aulia (2023) Penerapan Permainan ABC 5 Dasar dengan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA di MI Riyadhul Muttaqin. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240133_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (140kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240133_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (662kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240133_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (339kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240133_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (512kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240133_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (406kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240133_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (347kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240133_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240133_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (233kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa khususnya pada pelajaran IPA, selain itu metode pelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan permainan ABC 5 Dasar dengan model Think Pair Share untuk meningkatkan Motivasi belajar pada pembelajaran IPA di MI Riyadul Muttaqin, 2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA setelah menerapkan permainan ABC 5 dasar dengan model pembelajaran Think Pair Share di MI Riyadul Muttaqin?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana penerapan permainan ABC 5 Dasar dengan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi belajar IPA di MI Riyadul Muttaqin, 2) Mengetahui Bagaimana motivasi belajar IPA dengan menerapkan permainan ABC 5 Dasar dengan model Think pair Share di MI Riyadul Muttaqin. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan populasi sebanyak 22 orang siswa kelas 5 MI Riyadul Muttaqin dengan teknik sampling Purposive. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket tentang motivasi belajar siswa, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan Permainan ABC 5 Dasar dengan Model Pembelajaran Think Pair Share mampu meningkatkan motivasi belajar IPA di MI Riyadul Muttaqin. 2) Motivasi belajar siswa setelah permainan ABC 5 dasar dengan model Think Pair Share meningkat terbukti 100% memiliki skor yang lebih tinggi antara skor angket sebelum menerapkan permainan ABC 5 dasar dengan model Think Pair Share mencapai 75,7%, dibandingkan dengan hasil persentase motivasi belajar siswa setelah penerapan permainan ABC 5 Dasar dengan Model Pembelajaran Think Pair Share mencapai 81,7%.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Permainan ABC 5 Dasar, Think Pair Share, Motivasi Belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2023 08:10 |
Perubahan Terakhir: | 01 Feb 2023 08:10 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11204 |
Actions (login required)
Lihat Item |