Pengembangan Bahan Ajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Model Komunikasi Edukatif (Studi di Madrasah Raudhatul Ulum, Anyer)

Latifah, Iip (2022) Pengembangan Bahan Ajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Model Komunikasi Edukatif (Studi di Madrasah Raudhatul Ulum, Anyer). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120162_COVER.pdf

Download (104kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120162_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (786kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120162_BAB I.pdf

Download (235kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_182120162_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (758kB)
[img] Teks
T_PAI_182120162_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (467kB)
[img] Teks
T_PAI_182120162_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (438kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120162_BAB V.pdf

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120162_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa bahan ajar dikembangkan sesuai kebutuhan guru dan siswa serta dimanfaatkan secara benar akan merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Dengan itu adanya bahan ajar maka peran guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan adanya bahan ajar maka guru bukan lagi merupakan satu-satunya sumber belajar di dalam kelas. Dalam hal ini, guru lebih diarahkan untuk berperan sebagai fasilitator yang membantu dan mengarahkan siswa dalam belajar. Kemudian komunikasi edukatif merupakan hubungan timbal balik yang terjadi antara guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu proses pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model komunikasi edukatif pembelajaran akidah akhlak materi etika dalam berprilaku untuk mengetahui pengembangan, keefektifan, dan evaluasi dalam pembelajaran komunikasi edukatif pada mata pelajaran akidah akhlak materi etika dalam berprilaku di Madrasah Aliyah Raudhatul Ulum Anyer Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan dari produk tersebut. Pengertian penelitian pengembangan menurut Borg and Gall yaitu pengembangan dan penelitian yang merupakan strategi yang kuat untuk meningkatkan praktek sebagaimana 10 langkah-langkah prosedur penelitian dan pengemabngannya yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk final dan produksi masal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran akidah akhlak materi etika dalam berprilaku di Madrasah Raudhatul Ulum Anyer. Dideskripsikan berdasarkan langkah-langkah pengembangan Borg and Gall. Yang disederhanakan menjadi 5 tahap yaitu : Penelitian dan Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Produk dan Uji Coba Produk. Yang peneliti kembangkan agar proses pembelajaran komunikasi eduaktif pada mata pelajaran akidah akhlak materi etika dalam berprilaku menjadi semakin baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Des 2022 02:59
Perubahan Terakhir: 14 Des 2022 02:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.