Pengembangan Media Pembelajaran Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Berpikir Tingkat Tinggi pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD (Research and Development )

Marliyani, Siti Nurhayati (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Berpikir Tingkat Tinggi pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD (Research and Development ). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240018_Cover.pdf

Download (17kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240018_Lampiran Depan.pdf

Download (878kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240018_Bab I.pdf

Download (291kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171240018_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (382kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240018_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (576kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240018_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (879kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240018_Bab V.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240018_Daftar Pustaka.pdf

Download (305kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran big book yang layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPA mengenai rantai makanan. Penelitian tersebut termasuk dalam penelitian dan pengembangan dengan menggunakan pengembangan 4D (Four D Models) yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut: 1) tahap define (pendefinisian), 2) tahap design (perancangan), 3) tahap develop (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji validitas oleh validator memperoleh hasil skor rata-rata yaitu 4,2 pada validasi media dan skor rata-rata 4,3 pada validasi materi dari kriteria maksimal 5,00 serta angket respon siswa memperoleh persentase 79% dengan kategori layak dan hasil keefektifan media pembelajaran big book memperoleh ketuntasan belajar siswa mencapai rata-rata skor 0,62 yang menunjukkan kategori sedang atau efektif dalam peningkatan keterampilan siswa berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran big book layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran IPA.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran Big Book, Berpikir Tingkat Tinggi, IPA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2022 01:33
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2022 01:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10190

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.