Uyun, Siti Zahratul (2022) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa dengan Media Puzzle (PTK di Kelas I MIS Nurul Hasanah Sukaharja). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240144_COVER.pdf Download (18kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240144_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (550kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240144_BAB I.pdf Download (115kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240144_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (170kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240144_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (370kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240144_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (770kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240144_BAB V.pdf Download (11kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240144_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan membaca permulaan siswa yang rendah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIS Nurul Hasanah Sukaharja Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran atau alat peraga yang tepat untuk siswa. Sehingga, kurangnya minat siswa dalam melatih keterampilan membaca permulaan tanpa didukung dengan media pembelajaran yang konkret. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa dengan menggunakan media puzzle di kelas I MIS Nurul Hasanah Sukaharja, dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam beberapa siklus sampai adanya peningkatan bagi siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, pedoman observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil praktek membaca siswa mengalami peningkatan yang baik yaitu dari nilai rata-rata pra siklus 48,8 dengan persentase ketuntasan 36%, kemudian pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 59,8 dengan persentase ketuntasan 56%, dan pada siklus II nilai rata-rata 76,2 dengan persentase ketuntasan 84%. Dengan demikian, dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Keterampilan Membaca Permulaan, Siswa SD, Media Puzzle |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 08 Nov 2022 07:06 |
Perubahan Terakhir: | 08 Nov 2022 07:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10184 |
Actions (login required)
Lihat Item |