Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa dengan Media Puzzle (PTK di Kelas I MIS Nurul Hasanah Sukaharja)

Uyun, Siti Zahratul (2022) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa dengan Media Puzzle (PTK di Kelas I MIS Nurul Hasanah Sukaharja). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240144_COVER.pdf

Download (18kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240144_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (550kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240144_BAB I.pdf

Download (115kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171240144_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (170kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240144_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (370kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240144_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (770kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240144_BAB V.pdf

Download (11kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240144_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan membaca permulaan siswa yang rendah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIS Nurul Hasanah Sukaharja Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran atau alat peraga yang tepat untuk siswa. Sehingga, kurangnya minat siswa dalam melatih keterampilan membaca permulaan tanpa didukung dengan media pembelajaran yang konkret. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa dengan menggunakan media puzzle di kelas I MIS Nurul Hasanah Sukaharja, dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam beberapa siklus sampai adanya peningkatan bagi siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, pedoman observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil praktek membaca siswa mengalami peningkatan yang baik yaitu dari nilai rata-rata pra siklus 48,8 dengan persentase ketuntasan 36%, kemudian pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 59,8 dengan persentase ketuntasan 56%, dan pada siklus II nilai rata-rata 76,2 dengan persentase ketuntasan 84%. Dengan demikian, dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Keterampilan Membaca Permulaan, Siswa SD, Media Puzzle
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2022 07:06
Perubahan Terakhir: 08 Nov 2022 07:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10184

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.