Pengembangan Media Puzzle Tanda Baca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. ( R&D di Kelas II )

Sa’adah, Ninis (2022) Pengembangan Media Puzzle Tanda Baca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. ( R&D di Kelas II ). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_161240048_COVER.pdf

Download (77kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240048_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_161240048_BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240048_BAB II.pdf

Download (317kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240048_BAB III.pdf

Download (317kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240048_BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_161240048_BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240048_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)

Abstrak

Pengembangan media pembelajaran merupakan suatu sarana med ia pembelajaran yang mempunyai fungsi untuk membantu memahami siswa dalam pembelajaran, khususnya kelas II SD/MI. Materi pokok yang dibahasa adalah pengenalan tanda baca pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Untuk mengetahui tentang materi pengenalan tanda baca dalam pembelajaran, maka dibuatlah pengembangan media pembelajaran berupa media Puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menjelaskan media pembelajaran puzzle pada materi pengenalan tanda baca. (2) Menjelaskan tingkat kelayakan media pembelajaran media puzzle pada siswa kelas II SD Negeri Toyomerto 1. Bentuk penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dimana metode penelitian ini untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji dan menguji keefektifan produk tersebut. Metode penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Brog and Gall. Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk media pembelajaran berupa media pembelajaran puzzle materi pengenalan tanda baca. Dari hasil validasi media pembelajaran ini menunjukan kevalidan yang terbukti dengan persentase rata -rata hasil dari validasi ahli media 84% menyatakan sangat valid, dan hasil validasi ahli isi materi pembelajaran 80% menyatakan sangat valid. Hasil persentase tingkat kevalidan pada uji coba oleh ahli pembelajaran SD Negeri Toyomerto 1 menunjukan persentase 92% yang menyatakan sangat valid.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Puzzle, Tanda Baca
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Sep 2022 06:11
Perubahan Terakhir: 15 Sep 2022 06:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9365

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.