Taning, Gesi Aemadar (2021) Strategi Dakwah Baznas Kota Tangerang dalam Meningkatkan Partisipasi Muzakki. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
Abstrak
Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan implementasi ide atau gagasan, perencanaan dan pelaksanaan sebuah kegiatan dalam kurun waktu tertentu. Tujuan dakwah adalah mengajak umat manusia kepada jalan yang benar dan diridhai Allah agar dapat hidup bahagia dan sejahtera di dunia maupun di akhirat. Tujuan umum tersebut perlu ditindaklanjuti dengan tujuan-tujuan yang lebih khusus baik pada level individu, kelompok maupun pada level masyarakat. Zakat adalah masalah yang tidak akan pernah bisa selesai dibicarakan. Potensi zakat di Kota Tangerang sangat besar, maka kesempatan tersebut tidak disia-siakan oleh Baznas Kota Tangerang berusaha untuk meningkatkan partisipasi muzakki. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1 Bagaimana strategi dakwah sentimentil yang dilakukan Baznas Kota Tangerang dalam meningkatkan partisipasi muzakki?, 2 Bagaimana strategi dakwah rasional yang dilakukan Baznas Kota Tangerang dalam meningkatkan partisipasi muzakki?, 3 Bagaimana strategi dakwah indrawi yang dilakukan Baznas Kota Tangerang dalam meningkatkan partisipasi muzakki?, 4 Apa faktor pendukung dan penghambat strategi dakwah Baznas Kota Tangerang dalam meningkatkan partisipasi Muzakki?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu melakukan penelitian langsung secara intensif dan melakukan observasi kemudian data diolah dengan cara menggambarkan dan menyajikan fakta yang ada di lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menjabarkan wawancara yang telah dilakukan. Aspek yang diperhatikan adalah penggunaan strategi dakwah dalam meningkatkan partisipasi muzakki. Teori strategi dakwah yang dilakukan oleh Baznas Kota Tangerang dalam meningkatkan partisipasi muzakki, yaitu:1 strategi dakwah sentimentil ialah memberikan sosialisasi himbauan menyampaikan informasi atas berita tentang kegiatan program melalui media sosial kepada sasaran muzakki masyarakat umum dan institusi, 2 strategi dakwah rasioal ialah memberikan sosialisasi yaitu mengirim surat kepada audiensi dan menawarkan program kerjasama kepada sasaran muzakki yaitu ASN dan perusahaan tersebut ada kesamaan dengan perusahaan atau institusi tersebut, 3 faktor pendukung strategi dakwah Baznas Kota Tangerang dalam meningkatkan pasrtisipasi muzakki ialah kepercayaan masyarakat terhadap Baznas Kota Tangerang dan kesadaran hati para pengurus yang ikhlas karena Baznas merupakan lembaga yang menyangkut hubungan dengan kesejahteraan masyarakat, kemajuan media sosial dan pemanfaatan rekening bank berperan sebagai fasilitator sosialisasi terhadap masyarakat tentang pentingnya zakat dan penghambat strategi dakwah Baznas Kota Tangerang dalam meningkatkan partisipasi muzakki, dan faktor penghambat yang dihadapi Baznas Kota Tangerang dalam meningkatkan partispasi muzakki ialah kendala dan program kerja Baznas Kota Tangerang yaitu terbatasnya sumber daya finansial dan sumber daya manusia untuk sosialisasi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Dakwah, Baznas Kota Tangerang, Muzakki, Faktor Pendukung dan Penghambat |
Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.1 Masyarakat Islam |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 24 Des 2021 04:02 |
Perubahan Terakhir: | 27 Mar 2024 07:36 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7817 |
Actions (login required)
Lihat Item |