Pendidikan Agama Islam. Judul : Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Penilaian Autentik (Autentic Assessment) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Bahasan Faraidh/Mawaris Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XII SMA Darurrahman Walantaka, Kota Serang

Imran, Ade (2021) Pendidikan Agama Islam. Judul : Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Penilaian Autentik (Autentic Assessment) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Bahasan Faraidh/Mawaris Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XII SMA Darurrahman Walantaka, Kota Serang. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (112kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (328kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (247kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (835kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (182kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (308kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (239kB)

Abstrak

Ade Imran. NIM : 1540101299. Program Studi : Pendidikan Agama Islam. Judul : Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Penilaian Autentik (Autentic Assessment) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Bahasan Faraidh/Mawaris Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XII SMA Darurrahman Walantaka, Kota Serang Pembelajaran mawaris di SMA Darurrahman sebagai bagian dari materi pada mata pelajaran PAI terkendala berbagai persoalan. Selain antusias siswa terhadap pembelajaran yang sangat kurang, persoalan pembelajaran semakin diperkuat dengan penggunaan model pembelajaran dan penilaian yang tidak terstruktur dengan baik. Penelitian ini bertujuan menjelaskan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan penilaian autentik dalam pembelajaran ilmu faraid/mawaris pada mata pelajaran PAI di SMA Drurrahman Walantaka. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan efektivitas implementasi PBL dan penilaian autentik tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk menjaring data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan instrumen-instrumen observasi, instrumen penilaian atau rubrik yang telah dianalisis dan sesuai dengan kebutuhan, angket berkaitan dengan tingkat kepuasan atau refleksi pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan penilaian autentik, serta wawancara sebagai pendukung data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan pembelajaran yang mengimplementasikan model pembelajaran PBL dan penilaian autentik dalam pembelajaran mawaris mencapai skor rata-rata 91,27 dengan interpretasi sangat baik. (2) Efektivitas model pembelajaran PBL dan penilaian autentik dalam pembelajaran berdasarkan sikap siswa diperoleh nilai rata-rata 85,25 atau dengan predikat A, ini menunjukkan efetivitas pembelajaran tersebut dalam membangun sikap siswa, berdasarkan keterlibatan siswa dalam kelompok diperoleh nilai rata-rata, yaitu 80 dengan interpretasi B+. Hal ini menunjukkan pembelajaran yang efektif, berdasarkan kemampuan siswa dalam menganalisis masalah diperoleh rata-rata skor 84,4 dengan interpretasi B+. dan berdasarkan kompetensi siswa secara keseluruhan diperoleh nilai rata-rata, yaitu 85,81 dengan interpretasi B+. Hal ini menunjukkan kegiatan pembelajaran mampu meningkatkan kompetensi siswa bila dbandingkan dengan KKM mata pelajaran PAI, yaitu 75.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Problem Based Learning, Penilaian Autentik, Mawaris
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 30 Apr 2021 02:25
Perubahan Terakhir: 30 Apr 2021 02:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6648

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.