Pengaruh Pembelajaran Tahfidz Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Qur’an dan Hadits. (Studi di MTs Daruthohirin Sindangsari Kabupaten Lebak)

Nurshifa, Nurshifa (2021) Pengaruh Pembelajaran Tahfidz Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Qur’an dan Hadits. (Studi di MTs Daruthohirin Sindangsari Kabupaten Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (148kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (371kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (317kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (513kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (657kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (509kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nurshifa. 122111368, 2019. Pengaruh Pembelajaran Tahfidz Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Qur’an dan Hadits. (Studi di MTs Daruthohirin Sindangsari Kabupaten Lebak). Penelitian ini tentang Pengaruh Pembelajaran Tahfidz Qur’an dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Qur’an dan Hadits, yang bertujuan : 1) Untuk mengetahui tingkat tahfidzul qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Daruthohirin Kabupaten Lebak; 2) Untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Daruthohirin Kabupaten Lebak; 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tahfidz qur’an terhadap keberhasilan belajar pada mata pelajaran al- qur’an hadist di Madrasah Tsanawiyah Daruthohirin Kabupaten Lebak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik regresi dan korelasi. Sampel berjumlah 30 responden diambil dari populasi dengan teknik Random Sampling. Instrument penelitian menggunakan angket dan test tahfidz qur’an. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan : Pertama, Pembelajaran Tahfidz Qur’an termasuk pada kategori baik, dengan instrument penelitian mencapai 76,98% yang meliputi membaca, menulis, menghafal dan mempelajari isi Al – Qur’an.; Kedua, hasil belajar siswa termasuk pada kategori sangat baik, dengan instrument penelitian mencapai 84,08% yang meliputi Tes Kognitif, Tes Afektif dan Test Psikomotor; 3) Ketiga, terdapat pengaruh Pembelajaran Tahfidz Qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran qur’an hadits di MTs Daruthohirin Kabupaten Lebak sebesar 95,89%. Sisanya sebesar 4,11% ditentukan oleh faktor lain diantaranya 1) keterbatasan kemampuan siswa dalam tahfidzul qur’an; 2) kemampuan dan kesiapan guru dalam menerapkan tahfidzul qur’an disekolah. Yang perlu diteliti lebih lanjut, semakin tinggi intensitas tahfidzul Qur’an, maka semakin baik hasil belajarnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Tahfidz Qur’an dan Hasil Belajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2021 02:08
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2021 02:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6600

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.