Herawati, Nurlaila (2019) Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Terhadap Minat Masyarakat Pada Bank Syariah Mandiri Tahun 2015-2017 (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kcp Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama: Nurlaila Herawati, NIM: 151500289, Judul Skripsi: Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Terhadap Minat Masyarakat Pada Bank Syariah Mandiri Tahun 2015-2017 (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kcp Pandeglang). Bank Syariah Mandiri dituntut untuk meningkatkan jumlah nasabah, untuk itu diperlukan penerapan strategi pemasaran yang tepat untuk menjalankan peran dan fungsi strategis mensosialisasikan Bank Syariah Mandiri kepada masyarakat. Respon yang ada di masyarakat menunjukan bahwa Bank Syariah Mandiri belum menerapkan strategi pemasaran secara maksimal, sehingga masih banyak masyarakat atau nasabah belum memahami dengan benar atas produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan adanya penerapan strategi pemasaran yang maksimal, maka diharapkan akan menarik minat masyarakat sehingga mereka bisa mengambil keputusan untuk menggunakan produk atau jasa yang ada di Bank Syariah Mandiri. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Strategi pemasaran apa yang diterapkan pada Bank Syariah Mandiri Kcp Pandeglang untuk menarik minat masyarakat tahun 2015-2017 ? 2). Strategi apa yang paling banyak menarik minat masyarakat Kabupaten Pandeglang pada tahun 2015-2017? 3). Apakah ada kendala pada Bank Syariah Mandiri Kcp Pandeglang dalam Pelaksanaan Strategi Pemasaran? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Strategi Pemasaran apa yang diterapkan Bank Syariah Mandiri Kcp Pandeglang untuk menarik minat masyarakat tahun 2015-2017. 2) Untuk mengetahui Strategi apa yang paling banyak menarik minat masyarakat Kabupaten Pandeglang pada tahun 2015-2017, 3) Untuk mengetahui apakah ada kendala pada Bank Syariah Mandiri Kcp Pandeglang dalam Pelaksanaan Strategi Pemasaran. Penelitian ini menggunkana penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi yang dilakukan di Bank Syariah Mandiri kcp Pandeglang, wawancara baik secara langsung maupun secara tertulis dengan Branch Manager dan Nasabah Bank Syariah Mandiri Kcp Pandeglang dan dokumentasi yaitu berupa wawancara tertulis yang dibagikan kepada nasabah yang dijadikan sampel serta triangulasi yaitu teknik gabungan yang digunakan untuk data dari sumber yang berbeda dengan teknik yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri Kcp Pandeglang Pada Tahun 2015-2017 adalah Strategi segmentasi pasar (Segmenting), Strategi Penentuan pasar sasaran (Targeting), Strategi Posisi Pasar (Positioning), dan Bauran Pemasaran (Marketing mix). Strategi yang paling banyak menarik minat masyarakat Kabupaten Pandeglang Tahun 20152017 yaitu strategi pemasaran personal selling atau door to door karena dianggap paling efektif dan efisien dalam memberikan informasi yang lebih kepada masyarakat.Kendala yang dialami oleh Bank Syariah Mandiri Kcp Pandeglang dalam pelaksanaan pemasaran yaitu kurangnya edukasi atau pengetahuan masyarakat terhadap bank syariah. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi marketing untuk bisa memberikan pengetahuan yang lebih dan menyeluruh mengenai perbankan syariah kepada masyarakat. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Minat Masyarakat, Bank Syariah
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Dosen Pembimbing : 1. Dr. Wazin, M.Si 2. Di'amah Fitriyyah, M.Pd |
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 06 Aug 2019 08:08 |
Perubahan Terakhir: | 26 Okt 2021 06:23 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4261 |
Actions (login required)
Lihat Item |