Oktapiani, Dewi (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Dengan Pengoptimalan Media Daur Ulang Terhadap Hasil Belajar IPA (Kuasi Eksperimen di Kelas V SDN Tegal Papak II Kec. Pagelaran Kab. Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SMH BANTEN.
Teks (COVER)
COVER.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (125kB) |
|
Teks (LAMPIRAN)
BAGIAN DEPAN FIX.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (107kB) |
|
Teks (BAB I)
BAB I.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (26kB) |
|
Teks (BAB II)
BAB II.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (66kB) |
|
Teks (BAB III)
BAB III.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (100kB) |
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (32kB) |
|
Teks (BAB V)
BAB V.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (23kB) |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (16kB) |
Abstrak
Nama: Dewi Oktapiani. NIM: 142400763. 2018. Judul: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Dengan Pengoptimalan Media Daur Ulang Terhadap Hasil Belajar IPA (Kuasi Eksperimen di Kelas V SDN Tegal Papak II Kec. Pagelaran Kab. Pandeglang). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran group investigation dengan pengoptimalan media daur ulang terhadap hasil belajar IPA materi organ pernapasan manusia SD kelas V dan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan kuasi eksperimen tipe nonequivalent control grup desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA yang menggunakan model pembelajaran group investigation dengan pengoptimalan media daur ulang mengalami peningkatan dibuktikan dengan indeks gain sebesar 0,95 interpretasi peningkatan tinggi. Siswa kelas V yang menggunakan model konvensional juga mengalami peningkatan kemampuan pemahaman dengan interpretasi indeks gain sedang sebesar 0,35. Terdapat perbedaan antara kedua kelas terhadap hasil belajar IPA dibuktikan dengan uji-t pada nilai postest menghasilkan nilai signifikan 3,78 > 2,15. Dengan demikian peneliti merekomendasikan penerapan model pembelajaran group investigation dengan pengoptimalan media daur ulang ini sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar IPA di Sekolah Dasar. Kata kunci: Daur Ulang, Group Investigation, Hasil belajar IPA.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Mei 2019 01:35 |
Perubahan Terakhir: | 15 Mei 2019 01:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3718 |
Actions (login required)
Lihat Item |