Amalia, Nurul (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Tehadap Hasil Belajar PAI (Studi Quasi Eksperimen di kelas VIII SMP Al-Badar Tangerang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Teks (COVER)
COVER.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (607kB) |
|
Teks (LAMPIRAN)
LAMPIRAN DEPAN.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (45kB) |
|
Teks (BAB I)
BAB I.docx rev.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (29kB) |
|
Teks (BAB II)
BAB II.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (73kB) |
|
Teks (BAB III)
BAB III.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (48kB) |
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (28kB) |
|
Teks (BAB V)
BAB V.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (22kB) |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (20kB) |
Abstrak
Peran dari model experiential learning adalah untuk membangun pola berfikir dalam pembelajaran PAI yang dikaitkan dengan pengalamananya secara langsung, pengalaman tersebut akan membantu siswa menerima materi dalam proses pembelajaran PAI. proses belajar melalui pengalaman yaitu menggunakan model experiential learning yang mampu memudahkan peserta didik dalam pembelajaran, karena peserta didik mengalaminya langsung dan diharapkan hasil belajar peserta didik meningkat dalam mata pelajaran PAI. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah hasil belajar PAI dikelas kontrol? 2) Bagaimanakah hasil belajar PAI dikelas eksperimen? dan 3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap hasil belajar PAI? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hasil belajar PAI dikelas kontrol. 2) Untuk mengetahui hasil belajar PAI dikelas eksperimen. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap hasil belajar PAI. Populasi yang dijadikan penelitian dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Al-Badar sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswa 180 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang dalam proses pembelajaran PAI menggunakan model pembelajaran experiential learning dengan jumlah siswa 30 oerang, dan kelas VIII B dengan jumlah siswa 30 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan teknik pengumpulan data: tes, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran experiential learning berpengaruh positif terhadap peningkatan hasli belajar PAI di SMP Al-Badar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 22 Nov 2018 06:05 |
Perubahan Terakhir: | 22 Nov 2018 06:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3035 |
Actions (login required)
Lihat Item |