PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT KH. AHMAD DAHLAN DAN KH. IMAM ZARKASYI

ROHAYATI, DEDE (2018) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT KH. AHMAD DAHLAN DAN KH. IMAM ZARKASYI. Magister thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks
1 COVER.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (92kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (126kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (81kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (56kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (74kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (27kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
6 ABSTRAK - edit ok.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (28kB)

Abstrak

Dalam realitasnya pendidikan Islam ssat ini belum responsif dalam menghadapi tantangan yang begitu kompleks. Secara internal tantang yang dihadapi menyangkut sisi pendidikan Islam sebagai program pendidikan yaitu : persoalan dikhotomi pendidikan, orientasi pendidikan Islam yang kurang tepat, sempitnya pemahaman esensi ajaran Islam, penyelenggaraan dan pelaksananaan pendidikan Islam masih bersifat eksklusif. Sedangkan tantangan eksternal yang dihadapi adalah kemajuan teknologi yang dapat memberikan pengaruh negatif terhadap peserta didik. Tantangan yang dihadapi pendidikan Islam tersebut telah mendorong para tokoh Islam di Indonesia untuk menyumbangkan pemikiran mereka dalam membangun pendidikan Islam di Indonesia. Tokoh tersebut antara lain adalah KH. Ahmad Dahlan dan KH. Imam Zarkasyi. Kedua tokoh inilah yang pada perkembangan selanjutnya mampu melakukan pembaharuan pendidikan Islam yang disesuaikan dengan realitas dan kebutuhan zaman. Yang menjadi dasar pembahasan penelitian ini, yaitu : 1) Bagaimana pemikiran pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan dan Imam Zarkasyi?, 2) Bagaimana kurikulum pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan dan Imam Zarkasyi?, 3) Bagaimana komparasi pemikiran pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan dan Imam Zarkasyi?, Tujuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan Islam melalui gagasan KH. Ahmad Dahlan dan KH. Imam Zarkasyi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yang obyek penelitiannya adalah pemikiran tokoh, dalam hal ini pemikiran KH. Ahmad Dahlan dan KH. Imam Zarkasyi mengenai tujuan, kurikulum pendidikan Islam, lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, menurut KH. Ahmad Dahlan pendidikan Islam yaitu usaha membentuk manusia muslim yang berbudi pekerti luhur, alim dalam agama, luas pandangan dan paham masalah ilmu keduniaan, serta bersedia berjuang untuk kemajuan masyarakatnya. Sedangkan menurut KH. Imam Zarkasyi pendidikan Islam harus mempunyai orientasi untuk melahirkan orang yang berguna bagi masyarakat, bangsa, negara dan agama.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.4 Pemurnian dan pemaharuan pemikiran
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.4 Pemurnian dan pemaharuan pemikiran > 2x7.41 Pemurnian pemikiran dalam Islam
Divisi: Magister
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2018 02:19
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2777

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.