Muhali, Ahmad Jalalul (2018) PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH (Eksperimen di Kelas X MAN 2 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar fiqih siswa dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative integrated reading and compatition (CIRC) (2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran cooperative integrated reading and compatition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa di kelas X MAN 2 Pandeglang. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain control group pretest – posttest. Instrumen yang digunakan adalah dengan memberikan soal tes dalam bentuk objective test. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-IPA1 yang terdiri dari 26 siswa dan X-IPA2 yang terdiri dari 25 siswa, jadi banyaknya populasi dalam penelitian ini adalah 51 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik dan membandingkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes objektif di analisis dengan menggunakan uji t. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penelitian metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, terbukti dengan dilakukannya perhitungan melalui uji hipotesis menunjukan bahwa dari hasil to 18,16 dengan degres of freedom (df) adalah 66. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan level 5% dan 1% dari degrees of freedom, yang mana 5% dari df 66 adalah 1,67 dan 1% dari df 49 adalah 2,38. Perbandingan to dengan masing-masing hasil df hasilnya yaitu 1,67 < 2,38 < 18,16 Nilai to besar dibanding tt, aternatif hipotesis diterima dan hipotesis noll ditolak. Berarti metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sebagaimana telah dibuktikan dari hasil penjumlahan statistik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 05 Nov 2018 01:59 |
Perubahan Terakhir: | 05 Nov 2018 01:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2682 |
Actions (login required)
Lihat Item |