KHUMAEROH, KHUMAEROH (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI FIQIH (Studi di MA Al-Khairiyah Pontang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Abstrak
Latar belakang pada penelitian ini yaitu rendahnya minat belajar siswa pada materi fiqih hal ini dapat dilihat dari berbagai permasalahan yang dialami oleh siswa dimulai dari siswa tidak memperhatikan saat berlangsungnya pembelajaran, respon siswa rendah dan nilai siswa yang tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Rumusan Masalahnya yaitu: 1) Bagaimana model pembelajaran Small Group Discussion di MA Al-Khairiyah Pontang? 2) Bagaimana minat belajar siswa di MA Al-Khairiyah Pontang? 3) Apakah terdapat pengaruh antara model pembelajaran Small Group Discussion terhadap minat belajar siswa di MA Al-Khairiyah Pontang?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui Model Pembelajaran Small Group Discussion di MA Al-Khairiyah Pontang. 2) Untuk mengetahui minat belajar siswa di MA Al-Khairiyah Pontang . 3) Untuk mengetahui pengaruh model Small Group Discussion terhadap minat belajar siswa di MA Al-Khairiyah Pontang. Jumlah sampel 30 siswa dari populasi yang berjumlah 120 siswa, populasi diambil dari siswa kelas XII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan deskriptif analisis. dan teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi ,wawancara, dan penyebaran angket. Hasil dari perhitungan statistik analisis persentasi diperoleh data (variabel X) sebesar 65,08% termasuk kategori baik. Adapun hasil dari perhitungan statistik analisis persentasi (variabel Y) sebesar 71,92% termasuk kategori sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah : bahwa koefisien korelasi (rxy = 0,97) berada antara (0,80-1,00) yang interpretasinya adalah pengaruh variabel X terhadap variabel Y terdapat korelasi yang sangat tinggi. Adapun kontribusi variabel X dan variabel Y dengan menggunakan (CD) sebesar 94% sedangkan sisanya 6% dapat dipengaruhi variabel lain dan dapat diteliti lebih lanjut.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Model Pembelajaran Small Group Discussion , Minat Belajar. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 19 Okt 2018 02:32 |
Perubahan Terakhir: | 19 Okt 2018 02:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2488 |
Actions (login required)
Lihat Item |