PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE READING GUIDE PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (PTK di Kelas VII MTs Nurul Mubin Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur)

UMAM, KHAIRUL (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE READING GUIDE PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (PTK di Kelas VII MTs Nurul Mubin Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER KHAIRUL UMAM.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (106kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (156kB)
[img] Teks (DAFTAR ISI)
11. D. ISI jadi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (60kB)
[img] Teks (DAFTAR TABEL)
12. DAFTAR TABEL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (128kB)
[img] Teks (PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI)
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (83kB)
[img] Teks (SURAT NOTA DINAS)
4. nota dinas.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (146kB)
[img] Teks (PERSETUJUAN)
5. PERSETUJUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (121kB)
[img] Teks (SURAT PENGESAHAN)
6. PENGESAHAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (52kB)
[img] Teks (MOTTO)
8. MOTTO.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (176kB)
[img] Teks (RIWAYAT HIDUP)
9. RIWAYAT HIDUP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (114kB)
[img] Teks (KATA PENGANTAR)
10. KATA PENGANTAR.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (163kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (251kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (245kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (169kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (94kB)
[img] Teks (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (896kB)

Abstrak

Pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia, tanpa pendidikan manusia akan sulit untuk berkembang dan maju, seiring berjalanya waktu. Pendidikan di Indonesia sangat terlihat, hampir seluruh masyarakat merasakan apa sebuah pendidikan. Metode yang digunakan oleh guru harus direnovasi, sehingga metodenya menjadi lebih bervariasi dan peserta didik tidak merasa bosan, sehingga penggunaan metode pembelajaran dapat mempengaruhi pemahaman belajar peserta didik. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan metode Reading Guide Kelas VIII MTs Nurul Mubin Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Surat Al-Mujadalah Ayat 11 dan Surat Yunus Ayat 5-6 Tentang Ilmu Pengetahuan.? Bagaimana hasil belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Nurul Mubin Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Surat Al-Mujadalah Ayat 11 dan Surat Yunus Ayat 5-6 Tentang Ilmu Pengetahuan melalui penerapan Metode Reading Guide? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide. Kegunaan Penelitian ini adalah: 1. Menciptakan pembelajaran yang bermakna sehingga peserta didik memperoleh hasil belajar yang baik. 2. Menambah informasi dan pengetahuan dalam keilmuan tentang Al-Qur’an Hadits. 3. Bagi peneliti, menambah pengetahuan dan pengalaman dalam pembelajaran Al-qur’an Hadits. 4. Bagi guru, dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna sehingga diminati oleh peserta didik. 5. Bagi peserta didik, memperoleh pelajaran Al-Qur’an Hadits yang lebih menarik sehingga menjadikan salah satu mata pelajaran yang diminati. Metode Reading Guide merupakan suatu strategi panduan membaca untuk memahami materi pelajaran yang disiapkan oleh guru dan akan diajarkan dengan waktu yang dibatasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pada siklus I, persentase keaktifan peserta didik 70,4%, ketuntasan belajar peserta didik 60% dan rata-rata 67,6. Pada siklus II, proses pembelajaran sudah terpusat pada materi pelajaran. Hal ini terlihat dari kenaikan prosentase keaktifan peserta didik 75,6% dan prosentase ketuntasan belajar 80%, sedangkan nilai rata-rata peserta didik 72,8. Kesimpulan menyatakan penerapan metode Reading Guide dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs Nurul Mubin Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): METODE READING GUIDE; METODE PEMBELAJARAN
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2017 02:53
Perubahan Terakhir: 30 Mar 2017 02:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.