MARIYAM, MARIYAM (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (STUDI EKSPERIMEN DI SMAN 1 BAROS). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
Teks (COVER)
COVER SKRIPSI - Copy.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (64kB) |
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (56kB) |
|
Teks (BAB I)
BAB I.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (35kB) |
|
Teks (BAB II)
BAB II revisi okk.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (83kB) |
|
Teks (BAB III)
BAB III revisi.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (40kB) |
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (62kB) |
|
Teks (BAB V)
BAB V.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (25kB) |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka SKRIPSI.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (18kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam , dan guru belum menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan latar belakang masalahdiatas maka perumusan masalah dalam penelitiaan ini adalah: 1). Bagaimana penggunaan model pembelajaran Probing-Prompting di SMA N 1 Baros? 2). Bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Baros? 3). Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA N 1 Baros?. Tujuan penulisan dalam penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Probing-Prompting di SMA N 1 Baros. 2). Untuk mengetahui hasil belajar pendidikan agama islam di SMA N 1 Baros. 3). Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA N 1 Baros. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen yaitu Nonequivalent Controll Group Design, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan tes yang berupa pre-test dan post-test. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting cukup membuat siswa aktif hal ini ditunjukkan dengan nilai rata- rata pre-test 48,75 pada kelas eksperimen menjadi 70,38 setelah post-test. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji - t pada data post-test tersebut maka diperoleh nilai t_(hitung )= 24,55 dengan (dk) n_1 + n_2 – 2 = 35 + 35 – 2 = 68 dan α = 0,05 maka diperoleh nilai t_(tabel )= 1,995, maka H_0 ditolak, dan H_a diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 24 Aug 2018 02:51 |
Perubahan Terakhir: | 24 Aug 2018 02:51 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2339 |
Actions (login required)
Lihat Item |