Hakim, Muhamad Nur (2025) فعالية استخدام وسيلة بوسو في مهارة الكلام (بحث تجريبيّ في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 5 تانجيرانج). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PBA_191220087_Cover.pdf Download (251kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_191220087_Lampiran Depan.pdf Download (3MB) |
![]() |
Teks
S_PBA_191220087_BAB I.pdf Download (434kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_191220087_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (705kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_191220087_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (444kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_191220087_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (519kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_191220087_BAB V.pdf Download (252kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_191220087_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstrak
Penelitian ini berfokus pada Efektivitas penggunaan Aplikasi Busuu pada peningkatan Maharah Istima’ kelas tujuh di MTsN 05 Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental dan menggunakan desain non-equivalent control group desain. Populasinya adalah siswa kelas VII MTsN 05 Tangerang yang berjumlah 239, dibagi menjadi dua kelompok. VII A sebagai kelompok eksperimen dan VII B sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data meliputi Pre-Test, Treatment, dan Post-Test. Analisis Statistik menggunakan SPSS 16 diterapkan untuk mengevaluasi dampak Aplikasi Busuu terhadap keterampilan mendengar siswa. Hasil Pre-Test menunjukan rata-rata skor 57,81 pada kelompok eksperimen dibandingkan 52,19 pada kelompok kontrol. Pada Post-Test, kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata 68,75 sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor 56,72. Interpretasi efek berdasarkan hasil tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan sebesar 21% pada keterampilan mendengarkan siswa. Kesimpulannya, terdapat peningkatan yang signifikan dalam keterampilan mendengarkan diantara siswa di kelas VII A, yang memperoleh manfaat dari Aplikasi Busuu, dibandingkan dengan siswa di kelas VII B yang tidak memperoleh manfaat dari Aplikasi Busuu Penelitian ini merekomendasikan integrasi Aplikasi Busuu sebagai alat alternatif dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab, khususnya untuk latihan pemahaman mendengarkan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | aplikasi busuu , maharah istima’, quasi eksperimen |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 07 Feb 2025 09:18 |
Perubahan Terakhir: | 07 Feb 2025 09:18 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16316 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |