Hetiwati, Hetiwati (2025) Peran Digital Marketing pada Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berbasis Produk Halal (Studi pada Pelaku UMKM di Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_ES_191410013_Cover.pdf Download (44kB) |
![]() |
Teks
S_ES_191410013_Lampiran Depan.pdf Download (868kB) |
![]() |
Teks
S_ES_191410013_Bab I.pdf Download (363kB) |
![]() |
Teks
S_ES_191410013_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (705kB) |
![]() |
Teks
S_ES_191410013_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (21kB) |
![]() |
Teks
S_ES_191410013_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (301kB) |
![]() |
Teks
S_ES_191410013_Bab V.pdf Download (8kB) |
![]() |
Teks
S_ES_191410013_Daftar Pustaka.pdf Download (294kB) |
Abstrak
Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi tidak terlepas dari kemajuan teknologi yang semakin pesat kearah digitalisasi termasuk UMKM berbasis produk halal yang terpapar arus perkembangan teknologi salah satunya yaitu marketing yang terdigitalisasi. Maka penelitian ini penting untuk menguji seberapa berperannya digital marketing untuk meningkatkan pendapatan terkhusus UMKM produk halal di Kabupaten Serang. Dari latarbelakang tersebut terdapat rumusan masalah 1) Bagaimana peran digital marketing pada peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Serang? 2) Bagaimana kendala dan manfaat penerapan digital marketing bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Serang? Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui dan menganalisa peran dari digital marketing pada peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Serang. 2) Untuk memahami kendala dan manfaat penerapan digital marketing bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Serang. Jenis penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan, sedangkan metode yang digunakan ialah metode deskriptif analisis yakni data-data yang diperoleh ditampilkan melalui kata-kata maupun gambar kemudian di deskriptif kan sehingga menghasilkan kejelasan. dalam metode peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa Ketiga UMKM tersebut mengalami peningkatan pendapatan rata-rata Rp2.500.000 hingga Rp6.300.000. Kendala dan manfaat penerapan digital marketing bagi pelaku UMKM Kabupaten Serang yaitu Peti Ngemil, SR12 Beauty Mancak, dan Maffa Business dari segi kendala ada tidak jauh dari unsur pemasarannya, khususnya product, price, place, promotion, dan people. Sedangkan manfaat penerapan digital marketing bagi ketiga pelaku UMKM tersebut yaitu semakin dikenalnya nama dan produk ketiga UMKM tersebut yang membuat produktivitasnya meningkat. Dengan adanya pembelian yang meningkat berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan dan volume penjualan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Digital marketing, UMKM, produk halal |
Subjek: | 600 Teknologi > 650 Bisnis > 658 Umum manajemen > 658.8 Marketing > 658.81 Manajemen Pemasaran |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 06 Feb 2025 08:44 |
Perubahan Terakhir: | 06 Feb 2025 08:44 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16296 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |