Alawiyah, Ernawati (2025) Pengaruh Strategi Pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Studi Eksperimen di kelas VII SMP Negeri 3 Balaraja kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PAI_201210106_Cover.pdf Download (166kB) |
|
Teks
S_PAI_201210106_Lampiran Depan.pdf Download (526kB) |
|
Teks
S_PAI_201210106_BAB I.pdf Download (535kB) |
|
Teks
S_PAI_201210106_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (712kB) |
|
Teks
S_PAI_201210106_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (546kB) |
|
Teks
S_PAI_201210106_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (863kB) |
|
Teks
S_PAI_201210106_BAB V.pdf Download (271kB) |
|
Teks
S_PAI_201210106_Daftar Pustaka.pdf Download (277kB) |
Abstrak
Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking Terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian menggunakan jenis penelitian Pre-eksperiment design dengan jenis one-group pretest-posttest desain ini digunakan untuk mengungkapkan sebab-akibat dengan cara melibatkan satu kelompok subjek yang diawali dengan melakukan pre-test sebagai langkah awal, kemudian melakukan treatment dan diakhiri dengan posttest. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang cukup signifikan dari strategi pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking Terhadap Hasil Belajar Siswa. Hal tersebut dibuktikan dari Hasil pre-test kelas eksperimen mendapatkan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 35 dengan nilai rata-rata 62,37 Setelah dilakukan proses pembelajaran, diperoleh hasil Post-test pada kelas eksperimen dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 60 dengan nilai rata-rata 81,84. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti meningkat setelah diberi perlakuan (treatment). Berdasarkan pengujian rata-rata hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Negeri 3 Balaraja kabupaten Tangerang, dengan menggunakan uji paired sampel t-test memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima. adapun hasil uji N-Gain Score nilai mean yang didapatkan yaitu 0,6084 maka kategori yang diperoleh adalah sedang. Adapun kategori tafsiran presentasi N-Gain Score yang didapatkan yaitu 57,7980 maka kategori yang didapatkan yaitu cukup efektif. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh dari Strategi Pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di kelas VII SMP Negeri 3 Balaraja kabupaten Tangerang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Pembelajaran, Deep Dialogue/Critical Thinking, Hasil Belajar Siswa |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 30 Jan 2025 08:43 |
Perubahan Terakhir: | 30 Jan 2025 08:43 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16201 |
Actions (login required)
Lihat Item |