Ramadina, Fahira (2024) تطوير وحدة دراسية اللغة العربية (كتاب ه.د هداية نموذجا) وتطبيقها من خلال مهارات القرآن الحادي والعشرين لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية بار يسكيان مدينة سيرانج. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PBA_222622207_Cover.pdf Download (215kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_222622207_Lampiran Depan.pdf Download (617kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_222622207_BAB I.pdf Download (566kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PBA_222622207_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (821kB) |
||
Teks
T_PBA_222622207_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (662kB) |
||
Teks
T_PBA_222622207_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
T_PBA_222622207_BAB V.pdf Download (265kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_222622207_Daftar Pustaka.pdf Download (429kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Abad ke-21 merupakan era di mana kelompok anak muda dikenal sebagai generasi milenial. Generasi milenial cenderung lebih memilih metode pembelajaran modern, termasuk pemanfaatan teknologi informasi seperti e-learning, aplikasi tatap muka virtual seperti Zoom, serta media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Telegram, dan sejenisnya, saat ini bahan ajar yang digunakan saat pembelajaran menggunakan bahan ajar yang kurang dikuasai seutuhnya dan kurang menariknya bagi siswa, sehingga hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya siswa dalam belajar maka dai itu, hal ini menarik bagi peneliti mengidentifikasi hal-hal baru yang ditemukan dalam permasalahan ini. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1. Apakah bahan ajar Bahasa Arab yang digunakan saat ini relavan dengan pembelajaran abad 21? 2 .Bagaimanakah pengembangan modul pembelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Pariskian?3 .Bagaimanakah efektivitas modul pembelajaran bahasa Arab yang sudah dikembangkan dan implementasinya dengan pembelajaran abad 21? Metode yang digunakan dalam tesis ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. dengan jenis penelitian yang merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dari Abdul Hamid, dkk dan Rahdiyanta, yang di mana penelitian ini dilalui dari 5 tahap, yaitu analisis, perencanaan, penulisan dan penyusunan materi, evaluasi, dan revisi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Pariskian dengan jumlah siswa 71 orang. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa penyusunan modul pembelajaran melibatkan proses struktural untuk menyusun materi yang memenuhi persyaratan pembelajaran peserta didik guna mencapai kompetensi yang diinginkan. Modul harus disesuaikan dengan garis besar program pendidikan untuk memastikan efektivitasnya dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis teknologi memiliki kualitas yang baik dalam mengembangkan keterampilan abad 21 pada siswa. Modul ini telah terbukti valid, praktis, dan efektif dalam pendekatan pembelajaran. Evaluasi dari ahli materi, media,bahasa , dan kinerja siswa menunjukkan bahwa modul ini mendapat penilaian yang positif dalam mendukung proses belajar mengajar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan Modul Ajar, Bahasa Arab, Keterampilan Abad 21 |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 08 Nov 2024 03:05 |
Perubahan Terakhir: | 08 Nov 2024 03:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15652 |
Actions (login required)
Lihat Item |