Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matahari Jam Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Materi Satuan Waktu (Kuasi Eksperimen di Kelas III MIN 2 Serang kec. Baros)

Melina, Mesi (2024) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matahari Jam Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Materi Satuan Waktu (Kuasi Eksperimen di Kelas III MIN 2 Serang kec. Baros). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240092_COVER.pdf

Download (188kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240092_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (970kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240092_BAB I.pdf

Download (393kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_201240092_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (490kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240092_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (550kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240092_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (817kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240092_BAB V.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240092_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (959kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan alat peraga Matahari Jam terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi satuan waktu. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian ini dengan jumlah 52, adapun sampel penelitian adalah 26 orang siswa kelas eksperimen dan 26 orang siswa kelas kontrol, Sampel penelitian ini menggunakan dua kelompok, pada satu kelompok akan diberi treatment yang berbeda, kelompok eksperimen menggunakan alat peraga matahari jam sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, observasi dan wawancara. Sebelum uji hipotesis didalam uji pengaruh dilakukan uji normalitas > atau 15,43 <37,652 maka artinya berdistribusi normal, dan data dikatakan homogeny karena atau 1,06 < 4,03. Hasil penelitian ditinjau dari nilai pretest kelas eksperimen sebesar 19,80. Setelah diberi perlakuan dengan menggunakan alat peraga Matahari Jam nilai posttest mengalami peningkatan menjadi 22,30 dan nilai posttest kelas kontrol sebesar 19,70. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga Matahari Jam terhadap hasil belajar siswa kelas III di MIN 2 Serang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Alat Matahari Jam terhadap hasil belajar siswa, Satuan Waktu
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 04 Nov 2024 07:37
Perubahan Terakhir: 04 Nov 2024 07:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15612

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.