Melina, Mesi (2024) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matahari Jam Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Materi Satuan Waktu (Kuasi Eksperimen di Kelas III MIN 2 Serang kec. Baros). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_201240092_COVER.pdf Download (188kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240092_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (970kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240092_BAB I.pdf Download (393kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_201240092_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (490kB) |
||
Teks
S_PGMI_201240092_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (550kB) |
||
Teks
S_PGMI_201240092_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (817kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_201240092_BAB V.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_201240092_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (959kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan alat peraga Matahari Jam terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi satuan waktu. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian ini dengan jumlah 52, adapun sampel penelitian adalah 26 orang siswa kelas eksperimen dan 26 orang siswa kelas kontrol, Sampel penelitian ini menggunakan dua kelompok, pada satu kelompok akan diberi treatment yang berbeda, kelompok eksperimen menggunakan alat peraga matahari jam sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, observasi dan wawancara. Sebelum uji hipotesis didalam uji pengaruh dilakukan uji normalitas > atau 15,43 <37,652 maka artinya berdistribusi normal, dan data dikatakan homogeny karena atau 1,06 < 4,03. Hasil penelitian ditinjau dari nilai pretest kelas eksperimen sebesar 19,80. Setelah diberi perlakuan dengan menggunakan alat peraga Matahari Jam nilai posttest mengalami peningkatan menjadi 22,30 dan nilai posttest kelas kontrol sebesar 19,70. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga Matahari Jam terhadap hasil belajar siswa kelas III di MIN 2 Serang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Alat Matahari Jam terhadap hasil belajar siswa, Satuan Waktu |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 04 Nov 2024 07:37 |
Perubahan Terakhir: | 04 Nov 2024 07:37 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15612 |
Actions (login required)
Lihat Item |