تشكيل الهوية الأنثوية في رواية و نسيت أني امرأة (دراسة نسوية :بيتي فريدان)

Cahyani, Refalia (2024) تشكيل الهوية الأنثوية في رواية و نسيت أني امرأة (دراسة نسوية :بيتي فريدان). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_201360045_Cover.pdf

Download (373kB)
[img] Teks
S_BSA_201360045_Lampiran Depan.pdf

Download (733kB)
[img] Teks
S_BSA_201360045_BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Teks
S_BSA_201360045_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (499kB)
[img] Teks
S_BSA_201360045_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (393kB)
[img] Teks
S_BSA_201360045_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (482kB)
[img] Teks
S_BSA_201360045_BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Teks
S_BSA_201360045_Daftar Pustaka.pdf

Download (394kB)

Abstrak

Dalam penelitian ini peneliti membahas novel feminis. Perjuangan batin perempuan dalam mencari kesetaraan gender dan perjuangan mereka melawan patriarki. Fokus penelitian ini adalah pada tokoh utama novel '' Wa Nasitu Anni Imra'ah ''yaitu Suad. Dalam novel yang dijadikan bahan penelitian, kesadaran perempuan terhadap ketidaksetaraan gender menjadi sebuah isu. Baginya, seorang perempuan tidak hanya berhak dan berkewajiban menjadi istri dan ibu setelah menikah, serta menjadi ibu rumah tangga bagi suami dan anak-anaknya, tetapi ia juga berhak dan berkewajiban untuk tidak tinggal. Namun di rumah, sebagai perempuan, mereka bisa melakukan apapun yang mereka mau. Oleh karena itu, karya sastra adalah suatu gagasan, kreativitas yang diungkapkan dalam suatu karya tulis, termasuk novel. Berdasarkan dari latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.) Bagaimana bentuk kesetaraan gender dalam novel “Wa nasitu Anni imra'ah”? 2.) Bagaimana dampak kesetaraan gender terhadap karakter perempuan dalam novel “Wa nasitu Anni imra'ah”? 3.) Bagaimana cara perempuan melawan norma gender dalam Novel “Wa nasitu Anni imra'ah? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara kajian pustaka yaitu sumber data yang berupa karya sastra novel " Wa Nasitu Anni Imra'ah ". Novel ini berisi tentang perempuan yang sangat berambisi untuk menyuarakan pendapatnya, perempuan yang ingin setara dengan laki laki, sampai dia melupakan kodratnya sebagai ibu dan istri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam Novel " Wa nasitu Anni imra'ah " terdapat bentuk, dampak dan bagaimana cara perempuan melawan norma norma gender pada saat itu. Kemudian novel ini juga menawarkan refleksi mendalam tentang ambisi, pengorbanan, dan penyesalan. Penyesalan Suad menjadi pelajaran berharga tentang pentingnya mencapai keseimbangan dalam hidup dan menghargai setiap aspek diri, termasuk identitas gender. Novel ini juga mengangkat isu sosial yang relevan hingga saat ini, seperti kesetaraan gender, tekanan sosial terhadap perempuan, dan perjuangan untuk mencapai kebahagiaan sejati.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Novel, Feminisme, Perempuan, Kesetaraan gender
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Sep 2024 06:55
Perubahan Terakhir: 03 Sep 2024 06:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15090

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.