تحليل خصائص الشخصية الرئيسية في رواية "امرأة عند نقطة الصفر" لنوال السعداوي

Ulumi, Ayu Rahmatul (2024) تحليل خصائص الشخصية الرئيسية في رواية "امرأة عند نقطة الصفر" لنوال السعداوي. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_191360031_Cover.pdf

Download (292kB)
[img] Teks
S_BSA_191360031_Lampiran Depan.pdf

Download (887kB)
[img] Teks
S_BSA_191360031_BAB I.pdf

Download (579kB)
[img] Teks
S_BSA_191360031_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (536kB)
[img] Teks
S_BSA_191360031_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (576kB)
[img] Teks
S_BSA_191360031_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (875kB)
[img] Teks
S_BSA_191360031_BAB V.pdf

Download (326kB)
[img] Teks
S_BSA_191360031_Daftar Pustaka.pdf

Download (547kB)

Abstrak

Novel merupakan sebuah karya sastra yang merupakan bentuk representasi dari kehidupan manusia terutama dalam hal bermasyarakat dan berhubungan langsung dengan kepribadian dan aspek psikologi seseorang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana watak tokoh utama perempuan pada novel Perempuan di bawah titik nol (psikologi sastra carl gustav jung) yang terdiri dari eg, pesona, ketidak sadaran pribadi, bayang - bayang dan fungsi jiwa. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah 1. Bagaimana kepribadian tokoh utama dari segi ego, persona dan bayang-bayang ? 2. Bagaimana struktur kepribadian tokoh utama dari segi tidak sadaran pribadi dan fungsi jiwa? Metode Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif dengan menggunakan teori psikologi sastra carl gustav jung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Peneliti membaca dan mencatat apa saja kepribadian yang ada dalam tokoh utama novel tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah paragraf yang terdapat dalam novel Perempuan di bawah titik nol. Teknik analisis data meliputi proses pengumpulan data، reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya aspek kepribadian tokoh utama perempuan yang bernama Firdaus tersebut mengacu pada teori Carl gustav jung yang menjelaskan tentang kesadaran dan ketidak sadaran. Adapaun hasil yang ditemukan berupa (1) kepribadian tokoh utama dari segi ego, diungkapkan bahwa tokoh utama mengalami alam sadar yang berupa persepsi, perasaan, dan pikiran karena egonya untuk mencintai tokoh lain, sehingga mempengaruhi tingkah laku tokoh utama dalam menghadapi konflik yang terjadi dalam cerita tersebut, (2) kepribadian tokoh utama dari segi persona، diungkapkan bahwa adanya topeng atau kedok untuk menyembunyikan maksud dalam diri tokoh utama، yang terdiri dari perilaku yang ada pada tokoh utama kepada tokoh-tokoh lain demi mencapai tujuan yang diinginkan، (3) kepribadian tokoh utama dari segi ketidaksadaran pribadi، diungkapkan bahwa tokoh utama memiliki ketidaksadaran pribadi berupa diwaktu kecil tokoh sempat mendapatkan prilaku pelecehan oleh teman laki-lakinya dan baru menyadarinya setelah dewasa, yang berupa tingkah laku maupun hal-hal yang dipikirkannya membuat dia tersadar, (4) kepribadian tokoh utama dari segi bayang-bayang, diungkapkan bahwa tokoh utama memiliki sisi keburukan seperti perilaku-perilaku tidak menyenangkan di dalam masa lalu nya, yang jika dikaitkan dengan aspek moral، maka perilaku dan pikiran yang dialami tokoh utama tersebut termasuk perilaku dan pikiran yang melanggar nilai-nilai moral yang terdapat pada masyarakat, (5) kepribadian tokoh utama dari segi fungsi, diungkapkan bahwa tokoh utama memiliki perasaan, pendriaan, pemikiran dan intuisi yang ada dalam diri tokoh utama, yang berperan penting bagi tokoh utama untuk memahami hakikat dirinya dalam menghadapi permasalahan yang dialami.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): watak tokoh utama , psikologi sastra carl gustav jung
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 22 Apr 2024 04:22
Perubahan Terakhir: 22 Apr 2024 04:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14503

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.