الناحية الإجتماعية لنص المسرحية "الخاتم" علي أمحد باكثير (دراسة علم الاجتماع الادبى بنظر إيان وات)

Mahdotunni’mah, Mahdotunni’mah (2024) الناحية الإجتماعية لنص المسرحية "الخاتم" علي أمحد باكثير (دراسة علم الاجتماع الادبى بنظر إيان وات). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_191360047_Cover.pdf

Download (494kB)
[img] Teks
S_BSA_191360047_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BSA_191360047_BAB I.pdf

Download (869kB)
[img] Teks
S_BSA_191360047_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (421kB)
[img] Teks
S_BSA_191360047_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (853kB)
[img] Teks
S_BSA_191360047_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (450kB)
[img] Teks
S_BSA_191360047_Daftar Pustaka.pdf

Download (533kB)

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang naskah drama Al-Khatim karya Ali Ahmad Bakatsir. Penelitian ini mencoba untuk menemukan nilai-nilai sosial yang terdapat pada naskah drama tersebut. Oleh karena itu digunakan teori sosiologi sastra Ian Watt sebagai objek formalnya. Tujuan dari penggunaan teori sosiologi sastra dalam mengkaji naskah drama Al-Khatim karya Ali Ahmad Bakatsir ini adalah untuk mendeskripsikan konteks sosial pengarang, dan mendeskripsikan sastra sebagai cermin masyarakat dalam naskah drama Al-Khatim karya Ali Ahmad Bakatsir. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konteks sosial pengarang? dan (2) Bagaimanakah cerminan kehidupan masyarakat dalam naskah drama Al Khatim Karya Ali Ahmad Bakatsir dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra Ian Watt? Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah dialog-dialog yang terdapat dalam naskah drama Al-Khatim karya Ali Ahmad Bakatsir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca, dan teknik pencatatan. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menganalisis konteks sosial pengarang dan sastra sebagai cermin masyarakat dalam naskah drama Al-Khatim karya Ali Ahmad Bakatsir berdasarkan pendekatan sosiologi sastra Ian Watt. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ali Ahmad Bakatsir adalah seorang penyair dan sastrawan yang aktif. ia terus menulis dan berkontribusi pada dunia sastra sepanjang kariernya. Bakatsir mempengaruhi dan menginspirasi banyak orang dengan tulisannya yang mencerminkan realitas sosial dan politik yang kompleks serta nilai-nilai keagamaan. Ali Ahmad Bakatsir menggunakan sejarah khalifah Harun Ar-Rasyid sebagai latar cerita drama Al-Khatim ini. Drama ini mencerminkan kehidupan masalalu yang mencakup masalah sosial seperti perbedaan status, konflik keluarga dan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan publik yang masih relevan dalam masyarakat modern. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman kita tentang cara sejarah dan nilai-nilai sosial dari masalalu dapat mencerminkan dan memengaruhi realitas sosial masa kini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konteks Sosial, Cermin Masyarakat, Ali Ahmad Bakatsir, Ian Watt
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 22 Apr 2024 04:02
Perubahan Terakhir: 22 Apr 2024 04:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14502

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.