Azzahra, Dinar Arsyi (2024) Pengaruh Financial Literacy dan Perceived Usefulness Terhadap Keputusan Penggunaan Digital Payment Sebagai Alat Pembayaran Zakat, Infaq dan Sedekah (Studi di Masjid Raya Rahmatan Lil'alamin Kota Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBS_191420144_Cover.pdf Download (339kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_191420144_Lampiran Depan.pdf Download (865kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_191420144_BAB I.pdf Download (443kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBS_191420144_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (681kB) |
||
Teks
S_PBS_191420144_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (523kB) |
||
Teks
S_PBS_191420144_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (712kB) |
||
|
Teks
S_PBS_191420144_BAB V.pdf Download (285kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_191420144_Daftar Pustaka.pdf Download (417kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Terdapat ketimpangan antara potensi dan realiasi dana zakat di Indonesia. Berdasarkan data dari BAZNAS tahun 2021, potensi dana zakat mencapai Rp.239 triliun, sedangkan realisasinya hanya sebesar Rp.14,1 triliun. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi penghimpunan dana ZIS agar dapat tumbuh signifikan sesuai dengan potensinya. Di era saat ini, inovasi digital adalah jawabannya. Beberapa faktor yang menyebabkan belum tercapainya potensi zakat antara lain yaitu rendahnya literasi dan pemahaman masyarakat terkait pembayaran digital, serta belum maksimalnya tingkat penggunaan pembayaran digital dalam membayar zakat, infaq dan sedekah (ZIS). Perumusan masalah pada penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana pengaruh financial literacy terhadap keputusan penggunaan digital payment sebagai alat pembayaran zakat, infaq dan sedekah? 2) Bagaimana pengaruh perceived usefulness terhadap keputusan penggunaan digital payment sebagai alat pembayaran zakat, infaq dan sedekah? 3) Bagaimana pengaruh financial literacy dan perceived usefulness secara simultan terhadap keputusan penggunaan digital payment sebagai alat pembayaran zakat, infaq dan sedekah?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan EViews 12. Sampel dalam penelitian ini merupakan jamaah Masjid Raya Rahmatan Lil’Alamin Kota Tangerang yang berjumlah 50 orang dan pernah menggunakan digital payment dalam membayar zakat, infaq dan sedekah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel financial literacy tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan penggunaan Hal ini dibuktikan dengan uji-t dimana nilai t-Statistics sebesar 1,242672 lebih kecil dari nilai t-tabel 2,01174 dan nilai Prob. atau signifikansi sebesar 0,2202 lebih besar dari 0,05. Variabel perceived usefulness berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan penggunaan. Hal ini dibuktikan dengan uji-t dimana nilai t-Statistics sebesar 3,601987 lebih besar dari nilai t-tabel 2,01174 dan nilai Prob. atau signifikansi sebesar 0,0008 lebih kecil dari 0,05. Variabel financial literacy dan perceived usefulness secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan penggunaan. Hal ini dibuktikan dengan uji-f dimana nilai nilai F-statistics sebesar 14,28844 lebih besar dari t-tabel 2,01174 dan nilai Prob (F-statistics) sebesar 0,000014 lebih kecil 0,05. Nilai koefisien determinasi yaitu 0,352 yang artinya variabel financial literacy dan perceived usefulness mampu menjelaskan keputusan penggunaan sebesar 35,2% dan sisanya sebesar 64,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Financial Literacy, Perceived Usefulness, Digital Payment, Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) |
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.14 Zakat |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 26 Feb 2024 03:20 |
Perubahan Terakhir: | 26 Feb 2024 03:20 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14193 |
Actions (login required)
Lihat Item |