أسلوب القرآن: قصة آدام وحواء في القرآن الكريم

Hasanah, Euis Anjani (2024) أسلوب القرآن: قصة آدام وحواء في القرآن الكريم. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_161360014_Cover.pdf

Download (196kB)
[img] Teks
S_BSA_161360014_Lampiran Depan.pdf

Download (906kB)
[img] Teks
S_BSA_161360014_BAB I.pdf

Download (727kB)
[img] Teks
S_BSA_161360014_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (459kB)
[img] Teks
S_BSA_161360014_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (953kB)
[img] Teks
S_BSA_161360014_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (828kB)
[img] Teks
S_BSA_161360014_BAB V.pdf

Download (244kB)
[img] Teks
S_BSA_161360014_Daftar Pustaka.pdf

Download (403kB)

Abstrak

Allah memberikan perhatian yang cukup besar terhadap kisah yang sarat akan pelajaran dalam Al-Qur’an, salahsatunya melalui Kisah Adam dan Hawa. Kisah ini dimuat dalam Al-Qur’an dengan kuantitas yang cukup banyak, yakni terdiri dari 96 ayat yang tersebar dalam 17 surah. Kisah adalah bagian dari seni dan sastra, yang mana kisah merupakan medium untuk menyampaikan pesan-pesan teologis dan humanis kepada umat manusia yang sarat sekali dengan unsur linguistik dan seni. Maka dari itu, hal krusial terkait pengangkatan objek material dalam penelitian ini yaitu fenomena kebahasaan dan nilai kesusastraan yang nampak pada kisah tersebut yang sayang jika diteliti secara parsial. Oleh karenanya, peneliti memilih mengkajinya dengan menggunakan teori stilistika, dasar pemilihan teori stilistika ini dikarenakan kekomprehensifan kajian yang dimilikinya, yang mana tidak hanya meliputi aspek semua linguistik mikro, tetapi juga akan mengungkap secara utuh terkait kedalaman, keindahan, dan kebermaknaan gaya dari penuturan kisah Adam & Hawa. Penelitian ini bertujuan mengungkap fenomena kesusastraan & kebahasaan pada kisah Adam dan Hawa dalam Al-Qur’an melalui gaya pemaparan kisah dan unsur-unsur yang membentuknya, serta efek dari penggunaan gaya bahasa dalam membentuk kesatuan kisah Adam dan Hawa dalam Al-Qur’an Al-Karīm. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Secara stilistika ditemukan berbagai fenomena kebahasaan dan kesusastraan dalam kisah Adam dan Hawa dalam Al-Qur’an, baik itu dalam gaya pemaparan kisah maupun aspek linguistiknya. Dalam gaya pemaparan kisah ditemukan dalam penggambaran kisah, gaya dialog, dan repetisi yang beragam. Adapun dalam aspek linguistik, ditemukan (1) aspek fonologi berupa sajak yang berakhiran “n” dan bunyi vokal “a” (fathah) namun diiringi konsonan yang bervariasi, sehingga menimbulkan hembusan suara yang berbeda-beda seperti naa, laa, raa, qaa, dsb, (2) aspek leksikal berupa sinonimi, polisemi, dan mu’arrobah, (3) aspek gramatikal berupa pemilihan bentuk kata & kalimat serta penyiasatan struktur & efek yang ditimbulkannya, dan pada (4) aspek retorika ditemukan sebanyak 20 gaya retoris dan 12 gaya kiasan. Pemilihan unsur-unsur pembentuk wacana kisah Adam dan Hawa dalam Al-Qur’an digunakan untuk mendukung makna dan nuansa/efek yang akan ditampilkan, oleh karenanya tidak disusun hanya demi keindahan persajakan semata, tetapi semuanya itu untuk mendukung makna karena makna merupakan tujuan sebuah tuturan, sedangkan kata atau kalimat merupakan mediasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Stilistika, Stilistika Al-Qur’an, Kisah Adam & Hawa
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 21 Feb 2024 03:06
Perubahan Terakhir: 21 Feb 2024 03:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14152

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.