Fardinah, Farah Wafa (2023) Strategi Kreatif MNC Channels Muslim TV dalam Mengemas Konten Dakwah Melalui Talkshow Share IT. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_191510036_COVER.pdf Download (293kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510036_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510036_BAB I.pdf Download (498kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_191510036_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (345kB) |
||
Teks
S_KPI_191510036_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (214kB) |
||
Teks
S_KPI_191510036_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (739kB) |
||
|
Teks
S_KPI_191510036_BAB V.pdf Download (10kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510036_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Perkembangan zaman membuat dakwah berhadapan dengan era digitalisasi, sehingga menjadi sebuah tantangan dakwah ketika berhadapan langsung dengan perkembangan media komunikasi digital. MNC Channels bergerak menyediakan konten saluran dalam industri televisi berbayar di Indonesia yang dapat disaksikan melalui platform MNC Vision, MNC Play, dan K-Vision. Di MNC Channels terdapat berbagai macam Channels yang menyediakan berbagai program menarik, salah satunya Muslim TV yang menyediakan program-program religi. Mengutip dari hasil tracking dan rank MNC Channels terdapat kenaikan penggunaan MNC Channels sebagai Tv berbayar, peningkatan tersebut mulai dari tahun 2018 sampai tahun 2023. Dan Muslim Tv menjadi salah satu Channels yang mendorong kenaikan penggunaan MNC Channels. Dalam hal ini, tentunya pengemasan yang dilakukan dalam sebuah program sangat berpengaruh terhadap tingkat kenaikan program. Melihat tedapat sedikitnya program dakwah yang ditampilkan di Televisi, dikarenakan kurangnya ketertarikan masyarakat terhadap program dakwah, karena dinilai monoton dan terkesan menggurui dalam pengemasannya. Sehingga Muslim Tv berinovasi dalam sebuah pengemasan dakwah yang ditampikan, dibutuhkan sebuah strategi dan kreatifitas yang baik agar konten yang dibuat dapat menarik perhatian penonton. Penelitian ini berfokus pada strategi kreatif Muslim TV dalam mengemas konten dakwah melalui talkshow Share It. Rumusan masalah pada penelitian pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Strategi Kreatif Muslim TV dalam mengemas konten dakwah melalui Talkshow Share It? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengemas konten dakwah melalui talkshow Share It? Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti di MNC Channels Muslim TV, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Strategi kreatif Muslim TV dalam mengemas konten dakwah melalui talkshow Share It terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, inkubasi, pencerahaan dan pelaksanaan, 2) Faktor pendukung Muslim TV dalam mengemas konten dakwah melalui talkshow Share IT yaitu terjalinnya komunikasi yang baik dalam tim Muslim TV, adanya peserta magang di Muslim TV, Tersedianya sarana dan prasarana, terdapat juga peluang dari memanfaatkan media sosial sebagai media publish dan target penonton muslim di Indonesia, dan faktor penghambat terdapat kelemahan karena adanya anggaran yang terbatas, studio yang digunakan tidak menetap, adanya kekurangan anggota tim Muslim TV serta adanya ancaman dari ketatnya persaingan antar televisi dalam memberikan sebuah program dan penggunaan MNC Channels Muslim TV yang berbayar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi, Kreatif, Talkshow Share IT, Konten Dakwah, Muslim TV |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 04 Des 2023 08:07 |
Perubahan Terakhir: | 28 Mar 2024 07:39 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13870 |
Actions (login required)
Lihat Item |