Penggunaan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran BTQ (Studi di Kelas V SD Negeri Kalang Anyar 01 Labuan Kabupaten Pandeglang)

Maulidyana, Tria (2023) Penggunaan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran BTQ (Studi di Kelas V SD Negeri Kalang Anyar 01 Labuan Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_171210028_Cover.pdf

Download (179kB)
[img] Teks
S_PAI_171210028_Lampiran Depan.pdf

Download (705kB)
[img] Teks
S_PAI_171210028_BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Teks
S_PAI_171210028_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (363kB)
[img] Teks
S_PAI_171210028_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (305kB)
[img] Teks
S_PAI_171210028_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (437kB)
[img] Teks
S_PAI_171210028_BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Teks
S_PAI_171210028_Daftar Pustaka.pdf

Download (65kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan metode driil dalam membaca Al-Qur’an siswa kelas V di SD Negeri Kalang Anyar 01 Labuan Kabupaten Pandeglang.Untuk mengetahui pengingkatan membaca Al-Qur’an para siswa kelas V di SDN Kalanganyar 1 Labuan Kabupaten Pandeglang dengan menggunakan metode drill. Metode penelitian yang digunakan termasuk pada jenis penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Penerapan metode driil dilakukan oleh peneliti secara terus menerus, sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dalam mata pelajaran BTQ kelas V SD Negeri Kalang Anyar 01 Labuan Kabupaten Pandeglang. Penerapan metode driil dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dalam mata pelajaran BTQ kelas V SD Negeri Kalang Anyar 01 Labuan Kabupaten Pandeglang. Kesimpulan ini didasarkan dari persentase hasil tes kemampuan siswa yang mencapai 94.44%. Hal ini dapat terlihat dari siklus I pertemuan I yaitu mencapai 41.66%, siklus I pertemuan II mencapai 58.33% berarti ada peningkatan antara siklus I pertemuan I dengan siklus I pertemuan II sebesar 17 %. Kemudian pada siklus II pertemuan III meningkat menjadi 77.778% berarti ada peningkatan dari siklus I pertemuan II sebesar 19% dan yang terahir adalah siklus II pertemuan IV mencapai peningkatan sebesar 94.44% atau naik dari siklus II pertemuan III sebesar 16%. Dengan demikian kemampuan membaca siswa dapat di katakan meningkat pada setiap siklusnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penggunaan, Metode Drill, Kemampuan Membaca
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 13 Okt 2023 07:14
Perubahan Terakhir: 13 Okt 2023 07:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13467

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.